Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mengenal Zhang Yiming, Pendiri TikTok yang Misterius

Zhang Yiming. (dok. Business Insider)

Merintis Tik Tok

Zhang mendirikan perusahaan induk TikTok pada tahun 2012. Perusahaan ini sekarang bernilai USD 75 miliar, menurut Pitchbook, menjadikannya perusahaan swasta paling berharga di dunia.

Perusahaan ini memiliki beberapa aplikasi jejaring sosial yang beroperasi di China, Business Insider melaporkan sebelumnya.

Zhang Yiming. (Dok. Business Insider)

Perusahaan ini merilis saingan WeChat bernama FlipChat, dan aplikasi pesan video bernama Duoshan pada tahun 2019. Produk pertama Zhang dan ByteDance adalah aplikasi agregator berita bernama Toutiao. Zhang ingin membuat platform berita yang hasilnya didukung oleh kecerdasan buatan, terpisah dari mesin pencari China, Baidu.

Baca juga: 5 Miliarder Sukses yang Bahkan Tak Lulus SMA

Zhang lalu meluncurkan aplikasi ByteDance yang paling sukses – TikTok – atau yang China dikenal denagn nama ‘Douyin’ pada bulan September 2016. Tik Tok sekarang menjadi aplikasi iOS non-gaming nomor 1 di Amerika Serikat, Business Insider melaporkan pada bulan September.

Kini Tik Tok adalah salah satu jejaring sosial paling populer di kalangan remaja Amerika dan telah diunduh lebih dari 1 miliar kali.

Zhang ingin aplikasi untuk terus tumbuh di luar negeri, mengatakan bahwa ia berharap ByteDance-nya akan tanpa batas seperti Google. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply