Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Alasan Mengapa Cahaya Alami di Kantor Penting untuk Karyawan

Dok. Scottbrownpainting

Topcareer.id – Tak selamanya kebahagiaan kerja karyawan diukur dari besaran gaji. Kenyamanan kantor yang memiliki banyak sisi pencahayaan alami jadi salah satu kebahagiaan sederhana karyawan.

Studi kesehatan di tempat kerja yang dilakukan Future Workplace pun mengungkapkan hal yang sama.

Studi itu mengemukakan beberapa informasi menarik tentang apa yang benar-benar diinginkan karyawan. Manfaat utama pada daftar keinginan karyawan cukup sederhana: cahaya alami.

Bahkan, menurut penelitian, lebih dari sepertiga karyawan di Amerika Serikat berharap mereka memiliki lebih banyak akses ke cahaya alami selama hari kerja. Berikut beberapa alasan mengapa cahaya alami meningkatkan produktivitas kerja seperti dalam laman Boss Magazine.

Baca juga: Ini Tren Warna 2020 untuk Ruang Kerja yang Nyaman

1. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University of Chicago menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja di kantor dengan jendela, tidur rata-rata 46 menit lebih banyak setiap malam, dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantor tanpa jendela.

Ini karena mereka mendapat 173 persen lebih banyak paparan cahaya putih selama jam kerja. Mereka yang memiliki tidur malam yang lebih baik umumnya lebih produktif di tempat kerja.

2. Meningkatkan mood

Para peneliti di universitas tersebut juga menyimpulkan bahwa cahaya alami meningkatkan suasana hati. Teori di balik ini adalah bahwa kurangnya sinar matahari dapat berdampak pada hipotalamus – bagian otak yang berdampak pada produksi melatonin, serotonin, dan jam internal tubuh.

Itu adalah faktor yang sama yang diyakini menyebabkan Seasonal Affective Disorder (SAD), yang juga terkait dengan penurunan cahaya alami. Ini berarti bahwa paparan cahaya alami tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan mental, tetapi juga akan bermanfaat bagi moral karyawan secara keseluruhan.

3. Mendukung penglihatan

Bukti dari laporan yang diterbitkan dalam Ergonomics International Journal pada 2018 menunjukkan bahwa cahaya alami dapat meningkatkan penglihatan. Studi ini mengungkapkan bahwa pekerja yang terpapar cahaya alami melaporkan penurunan 51% pada kelelahan mata, 63% pengurangan sakit kepala, dan 56% penurunan rasa kantuk. Dengan cahaya alami, kesehatan mata dapat dipertahankan dengan baik.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Dinding Terbaik (dan Buruk) untuk Kantor Kamu

4. Meningkatkan kadar vitamin D

Paparan sinar matahari meningkatkan kadar vitamin D pada seseorang. Vitamin D sangat penting untuk tulang yang sehat karena memfasilitasi penyerapan kalsium dan fosfat. Mineral-mineral ini membantu memperkuat tulang, gigi, dan otot.

Ketika karyawan bahagia dan sehat, bebas dari rasa sakit dan nyeri yang mungkin timbul dari asupan vitamin D, mereka jauh lebih mungkin memiliki tingkat produksi yang lebih tinggi.

5. Mendorong kreativitas

Penulis terkenal George Bernard Shaw paham bagaimana cahaya bisa mendukung kreativitas. Ia menugaskan pembangunan “writer’s hut” cukup terang, yang ada di dalam meja putar mekanis yang dapat dipindahkan untuk mengikuti sinar matahari. Di sinilah ia menulis drama selama 20 tahun. Dengan lebih banyak cahaya alami yang mengalir ke ruang kantor, karyawan pun terdorong untuk menciptakan ide-ide baru dan pemikiran lateral. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply