Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Alasan Kenapa Gaji CEO Berkali Lipat Gaji Karyawan

CEO Disney, Bob Iger. (Dok. Yahoo News)

Topcareer.id – Hal pertama yang mungkin terlintas soal keuntungan menjadi Chief Executive Officer (CEO) perusahaan, tentu bayaran yang mahal. Apalagi jika perusahaan yang dipimpin merupakan perusahaan dengan skala besar seperti Facebook, Amazon, Alibaba.

CEO Microsoft Satya Nadella tahun ini mendapat kenaikan gaji 66 persen. Total kompensasinya mencapai hampir USD43 juta. Lalu Abigail Disney, seorang pewaris kekayaan Disney, secara terbuka mengkritik bayaran CEO Bog Iger yang terima USD66 juta, yang lebih dari 1.000 kali gaji rata-rata karyawan Disney.

Menurut angka terbaru dari Conference Board, pada tahun 2018, total kompensasi rata-rata untuk CEO yang masuk dalam indeks S&P 500 naik 4 persen menjadi USD12,3 juta. CEO di kelas atas dari grup itu dibayar lebih dari USD22 juta, sementara mereka yang di kelas bawah dibayar sekitar USD6 juta.

Baca juga: Pikirkan Ini Sebelum Menerima Tanggung Jawab Sebagai CEO

Jadi kenapa CEO bisa dibayar dengan harga yang mahal? Dan mengapa satu CEO dapat menghasilkan jutaan lebih dari yang lain?

Dalam laman CNN Edition, salah satu pertimbangan utama yang menentukan berapa banyak CEO harus dibayar adalah standar yang dibayar perusahaan lain.

“Seringkali 12 hingga 20 perusahaan yang mungkin memiliki ukuran dan kompleksitas yang sama, dan memiliki model bisnis yang serupa,” menurut Robin Ferracone, CEO Farient Advisors, sebuah perusahaan konsultan kompensasi eksekutif dalam laman CNN Edition.

Dewan juga akan mempertimbangkan apakah seorang kandidat ini menjadi CEO pertama kali. Biasanya jika seperti itu, maka ia akan dibayar sesuai skala gaji yang paling bawah.

 “Ya, memang kamu membayar mereka (CEO) di ujung harga pasaran. Itu adalah langkah besar bagi mereka tetapi cukup murah untuk seseorang tanpa pengalaman CEO. Dan kamu tidak memiliki penghargaan gaji penuh. Itu standar perusahaan,” kata Ferracone.

Sementara itu menurut David Swinford, CEO perusahaan konsultan kompensasi eksekutif Pearl Meyer, dewan yang mencari CEO ini menginginkan hasil yang terbukti dan itu akan lebih mahal karena CEO yang berpengalaman ingin dibayar di atas rata-rata.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply