Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Alasan Kenapa Gaji CEO Berkali Lipat Gaji Karyawan

Mantan CEO Disney, Bob Iger. (Dok. Yahoo News)

Bayaran sesuai hasil kinerja

Paket kompensasi CEO biasanya termasuk gaji pokok, paket bonus, dua jenis insentif jangka panjang, ditambah tunjangan-tunjangan. Dengan investor yang menuntut pembayaran sesuai dengan kinerja, semakin banyak bagian dari kompensasi CEO ada di saham perusahaan, terutama dalam bonus dan rencana insentif jangka panjang.

Temuan Conference Board, untuk pertama kalinya tahun lalu, penghargaan saham menyumbang lebih dari 50% dari total kompensasi median S&P 500 CEO. Dalam kasus Nadella dari Microsoft, sebagian besar paket gajinya yang USD43 juta berasal dari penghargaan saham. Hal yang sama juga berlaku untuk bos Disney, Iger.

Baca juga: 5 CEO dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, Siapa Saja?

Tetapi penghargaan saham memiliki ikatan. Pembayaran biasanya tergantung pada apakah CEO mencapai target tertentu, yang utamanya bersifat finansial, misalnya target pendapatan atau pengembalian investasi modal.

Mungkin ada beberapa target non-finansial juga, seperti meningkatkan keragaman masuk dalam ranking atau mencapai tujuan keselamatan tertentu.

“Sebagai contoh, Chuck Jones, yang telah menjadi CEO perusahaan utilitas First Energy sejak 2015, harus memenuhi tujuan keselamatan dan keragaman supaya dapat penghasilan bonus penuhnya,” kata Ferracone. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply