Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Side Job yang Bisa Kamu Coba untuk Tambah Penghasilan

Dok. Skycapes Boston

Topcareer.id – Saat kamu sedang mencari pekerjaan baru atau hanya ingin menambah penghasilan dari pekerjaan yang sudah ada, side job merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan penghasilan.

Ada lebih banyak peluang, baik online maupun offline untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Mengutip Thebalancecareers.com, berikut inibada beberapa side job yang bisa kamu coba.

1.Menjadi asisten administrasi
Usaha kecil seringkali membutuhkan bantuan, coba dekati perusahaan lokal di lingkunganmu, bahkan lebih baik jika mereka perusahaan yang sudah memiliki hubungan denganmu. Tawarkan layananmu untuk membant tugas administratif.

Baca juga: Baca Kutipan Inspiratif Ini untuk Dapat Energi Positif

2. Menulis
Jika kamu memiliki keterampilan menulis, pertimbangkan untuk memulai blog kamu sendiri. Kamu bisa menghasilkan uang dari blog dengan iklan atau tautan afiliasi. Atau kamu bisa ambil freelance sebagai content writer.

3. Menjadi asisten virtual
Ada kebutuhan besar untuk asisten virtual. Lihatlah situs-situs seperti Upwork, FlexJobs, atau VirtualAssistants.com, coba cari tugas-tugas seperti entri data, transkripsi, panggilan, penulisan teks, dan pekerjaan administrasi umum.

4. Desainer grafis
Ini side job yang baik. Banyak perusahaan termasuk startup yang membutuhkan jasa desain grafis. Atau coba lihat 99Designs, tempat dimana kamu dapat berpartisipasi dalam kontes desain dan bahkan bisa dapat bayaran jika kreasi kamu terpilih.

Baca juga: 7 Tips Karier Jadul yang Sebaiknya Tak Kamu Ikuti

5. Jual ke situs stok fotografi
Punya bakat dengan kamera? Kamu bisa menjual fotografi mu ke situs-situs seperti Shutterstock, iStock atau Getty Images dan mendapatkan penghasilan terus-menerus dari gambar yang mereka ambil.

6. Menjadi tutor
Kamu bisa side job sebagai tutor untuk siswa sekolah dasar, menengah atau tutor dewasa yang ingin belajar keterampilan yang kamu miliki seperti bahasa asing dan komputer.

7. Driver online
Perusahaan seperti Gojek dan Grab membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan menghasilkan uang sebagai driver. Kamu juga bisa tentukan labih suka mengantar orang atau barang.

8. Menjadi reseller atau dropshipper
Kini makin marak supplier di sosial media yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang mau menjadi reseller atau dropshipper nya. Jika kamu punya cukup modal, kamu bisa mencoba untuk side job sebagai reseller, namun jika kamu tidak punya modal dropshipper bisa dijadikan pilihan. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply