Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Beda Wanita dan Pria dalam Urusan Belanja

Topcareer.id – Pria dan wanita melakukan pendekatan berbelanja dengan berbagai motif, perspektif, alasan, dan pertimbangan. Jelas pria dan wanita akan memiliki pola pikir berbeda tentang belanja.

Mendapat pemahaman tentang bagaimana perbedaan gender mempengaruhi keputusan pembelian penting untuk bisnis apa pun. Dikutip dari zoovu.com, mari lihat bagaimana perbedaan pria dan wanita dalam perilaku belanjanya.

  • Pria belanja karena misi, wanita belanja karena menikmati prosesnya
    Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak perbedaan fisik antara otak pria dan wanita. Dalam konteks berbelanja, struktur otak yang berbeda ini mengarah pada laki-laki yang cenderung menjadi pembeli yang berorientasi pada misi atau tugas, sementara perempuan lebih cenderung menjadi pembeli yang berorientasi hasil belanja yang lebih memuaskan.

Baca juga: Saran Para Ahli Diet Saat Berbelanja Makanan Sehat

  • Motif pria untuk berbelanja utilitarian, motif belanja wanita bersifat hedonis
    Utilitarian: Pengejaran secara sadar akan konsekuensi yang diinginkan. Artinya pria berbelanja untuk menyelesaikan sesuatu.
    Hedonic: Terkait dengan respons intrinsik dan emosional. Dengan kata lain, wanita berbelanja karena menyukainya.
  • Wanita suka hunting, pria ingin proses cepat dan mudah
    Wanita mengunjungi lebih banyak online shop dan membedakan berbagai opsi lebih teliti serta menikmati browsing katalog belanja daripada pria.
  • Wanita membuat keputusan emosional, pria mendekati mengambil keputusan dengan fakta dan data
    Pria dan wanita berbeda secara dramatis dalam strategi mereka untuk pemrosesan informasi dan pengambilan keputusan belanja. Wanita lebih komprehensif dan mempertimbangkan informasi subjektif (ulasan pelanggan), sementara pria menyukai informasi objektif.

Baca juga: 9 Kelebihan Belanja Online yang Bikin Ketagihan

  • Pria setia pada brand, wanita loyal pada pelayanan
    Begitu pria menemukan brand yang sesuai, mereka lebih cenderung mematuhinya. Terutama berlaku untuk pakaian, mobil, jasa keuangan, dan elektronik rumah. Sementara wanita menunjukkan tingkat loyalitas yang lebih besar jika mereka menerima layanan yang baik.

Nah, apa kamu menganut sifat-sifat di atas saat berbelanja? *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply