Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Persiapan bagi Pebisnis Menghadapi Gempa

Ilustrasi gempa bumi. (dok. Washington Post)

Topcareer.id – Karena berada di wilayah geologis Cincin Api atau Ring of Fire, gempa bumu relatif sering terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Seperti yang terjadi baru-baru ini, gempa mengguncang daerah Maluku dengan kekuatan 7,4 magnitudo.

Lalu bagaimana jika gempa terjadi ditempat kamu berbisnis? apakah itu menghancurkan bisnis dan membuat karyawan kamu cedera?

Dilansir dari Yearzerosurvival, berikut 5 tips bagi para pembisnis untuk membantu kamu bersiap menghadapi gempa bumi.

Baca juga: Keputusan Genting Harus Dibuat? Ini 6 Cara Mengambil Risiko yang Perlu Kamu Miliki

Kenali lokasi bisnis
Identifikasi apakah tempat bisnis kamu berada ditempat yang sering terjadi bencana alam seperti gempa? Apakah itu ancaman yang serius bagi bisnis kamu? Jadi cari tahulah secara mendetail tentang ancaman bencana yang mungkin terjadi pada lokasi bisnis dan mulailah persiapkan segala sesuatu hal yang mungkin memengaruhi bisnis kamu.

Siapkan peralatan
Jika gempa kuat terjadi hari ini kemungkinan listrik, air, internet akan mati. peralatan darurat pasti akan membantu. Jadi ketika mulai berbisnis sediakan peralatan darurat seperti air, makanan, senter, baterai, obat-obatan, peta evakuasi dan alat multiguna lainnya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang strategis dan mudah terjangkau!

Pelatihan keselamatan
Buatlah pelatihan keselamatan gempa. Beritahu apa yang harus dilakukan selama dan setelah gempa bumi. Dan buatlah rencana dari awal apa yang akan kamu lakukan jika kerusakan telah memengaruhi toko, bangunan, atau pabrik kamu. Pastikan kamu memiliki rencana evakuasi, pintu darurat, dan peralatan gempa bumi dikantor. Jangan lupa memberikan catatan nomor telepon yang dapat dihubungi pekerja jika terjadi keadaan darurat seperti rumah sakit, pemadam kebakaran, polisi, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Hal Penting Dilakukan Sebelum Pensiun

Lindungi data keuangan
Apa yang akan terjadi pada data keuangan bisnis kamu jika toko atau kantor rusak oleh gempa bumi? Bagaimana dengan informasi penting lainnya dan data pelanggan? Jika kamu ingin melindungi catatan perusahaan, kamu harus memiliki situs cadangan data internal dan eksternal. Alih-alih menyimpan data di hard drive komputer, gunakan server perusahaan dan beri tahu karyawan kamu. Dan juga jangan lupa untuk mengasuransikan semua hal di kantor, ya!

Buat rencana kesinambungan bisnis
Berapa lama bisnis kamu akan terus berjalan seandainya terjadi gempa bumi? Misalnya, jika kamu bergerak dibidang barang dan jasa, kamu mungkin masih bisa terus mendapatkan pesanan bahkan jika toko atau kantor utama kamu ditutup. Rencana kesinambungan bisnis ini mencakup mengetahui cara berkomunikasi dengan pemasok dan pelanggan, cara menangani pesanan dan cara mengambil data perusahaan yang hilang.

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply