Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tiga Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Terima Tawaran Kerja Baru

Dok. CIO.com

Topcareer.id – Berbagai godaan untuk pindah kerja mungkin kamu temui setiap waktu. Faktor dari luar kantor seperti gaji yang menggiurkan, promosi yang menjanjikan, menjadi alasan untuk segera mencari tempat kerja baru.

Namun, banyak pula kasus seseorang yang pindah kerja karena tawaran yang menggiurkan, ternyata tak dapat bertahan lama. Hal ini terjadi karena ketidakcocokan budaya kerja di tempat baru.

Budaya kerja seharusnya menjadi pertimbangan utama karyawan yang hendak pindah kerja. Sayangnya, hal ini kadang luput saat tawaran dan fasilitas yang dijanjikan perekrut secara gamblang kepada kandidat.

Saran kami, sebelum memutuskan menerima pekerjaan baru, kamu harus pertimbangkan tiga hal berikut:

Baca juga: 6 Cara Cepat Adaptasi Di Tempat Kerja Baru

1.What should I learn?
Pahami tujuan organisasi atau perusahaan baru tersebut. Bukan hanya tentang apa yang dilakukan perusahaan, tetapi juga bagaimana perusahaan mengambil keputusan dan bisa membuat bangga karyawannya.

Pelajari bagaimana organisasi beroperasi. Hal ini sangat berpengaruh kepada kinerja kamu nanti, seperti mengetahui kekuatan tim perusahaan, kualitas SDM-nya, bagaimana cara mereka berkomunikasi, dan masalah etika.

Dengan mengetahui budaya organisasi, kita menjadi tahu apa yang dibutuhkan perusahaan dari kemampuan kita.

2. How should I learn?
Baca semua yang bisa kamu temukan tentang calon perusahaan tempat kamu bergabung nanti. Sebaiknya kamu menyertakan sisi kritis ketika membacanya. Sebuah lembaga memiliki visi formal, yangs ering disebut topik budaya perusahaan.

Saat fase wawancara sebenarnya kamu punya peluang untuk mengetahui budaya orang-orang di kantor itu dalam berorganisai. Namun, hal itu belum bisa jadi tolok ukur, karena pengalaman bekerja tipa-tiap orang berbeda, dan mempengaruhi tindak tanduknya.

3. When should I learn?
Sulit untuk belajar tentang budaya perusahaan pada tahap awal pencarian. Tapi kesan pada saat wawancara bisa menjadi pengenalan organisasi baru tersebut. Budaya kerja merupakan masa depan perusahaan itu sendiri sehingga kamu mempunyai tugas belajar lebih cepat untuk mengetahui tentang organisasi. Ketahui pula apa saja perspektif atau acuan atasan kamu, dan cari tahu cara agar berhasil di sana. *

  • Artikel ini pernah dimuat di majalah Topcareer edisi September 2012.
ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply