Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Keluar dari Zona Nyaman? Begini Caranya

dok. Crosswalk

Topcareer.id – Keluar dari zona nyaman merupakan hal yang harus kamu lakukan. Sebab kenyamanan yang berlarut-larut bisa membuatmu stuck dan tidak berkembang.

Sangat manusiawi untuk lebih suka merasa nyaman pada performa tertentu, dan ini jelas bukan hal terbaik untuk pengembangan karier.

Dikutip dari Ivyexec.com, berikut ini lima langkah untuk keluar dari zona nyamanmu.

Mulai langkah kecil
Kamu perlu mengambil langkah kecil setiap hari untuk mencapai salah satu kesuksesan besar yang kamu inginkan. Dengan memecah tujuan besar menjadi langkah-langkah kecil yang jauh lebih mudah untuk dicapai, kamu benar-benar memberi dirimu rencana untuk sukses. Ini juga memungkinkan kamu untuk fokus setiap hari untuk menjadi yang terbaik.

Baca juga: 4 Tanda Kamu Terlalu Nyaman dengan Pekerjaan

Minta hal-hal baru
Jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana untuk keluar dari zona nyamanmu, jangan takut untuk bertanya. Minta atasanmu agar kamu mendapat tanggung jawab baru di tempat kerja. Tujuannya bukan untuk meningkatkan stres kamu. Sebaliknya, kamu ingin menantang dan memecah rutinitas sedemikian rupa sehingga kamu akan mulai berpikir dengan cara berbeda.

Hadapi kekhawatiran
Sangat manusiawi untuk takut dan merasa tidak nyaman. Tetapi untuk keluar dari zona nyaman, kamu harus mengenali ketakutanmu sendiri dam cari cara mengatasinya, serta fokus untuk menjadi percaya diri. Bayangkan selalu secara berulang bahwa diri kamu akan berhasil. Ini bisa membantumi memprogram ulang kebiasaan berpikirmu yang melemahkan dan berubah untuk bergerak maju.

Baca juga: Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman di Kantor

Takuti diri sendiri setiap hari
Lakukan satu hal setiap hari yang membuatmu takut. Hal-hal baik terjadi ketika kamu melakukan hal-hal yang menakutkanmu, ini akan memaksa dirimu bergerak maju. Melakukan sesuatu yang membuatmu takut bisa membantumu untuk keluar dari zona nyaman.

Kepo
Bukan kepo hal negatif tentunya. Sangat penting bagi kamu untuk tidak pernah kehilangan rasa ingin tahu. Keingintahuan bukan hanya untuk anak-anak, sebagai orang dewasa dan profesional yang bekerja, kamu perlu menambah pengetahuan tentang dunia dan siap untuk mempelajari hal-hal baru serta mengalami peluang baru.

Untuk keluar dari zona nyaman, kamu perlu memiliki rasa ingin tahu tentang dunia. Menjadi penasaran tentang mempelajari sesuatu yang baru akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply