Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Profesional Hadapi Pengadu di Tempat Kerja

Sumber foto: knowledge.whartonSumber foto: knowledge.wharton

Topcareer.id – Ingat zaman sekolah dulu ketika kamu berkelahi dengan anak yang hobinya mengadu pada guru? Percaya atau tidak, orang seperti itu masih akan kamu temui di dunia kerja.

Mereka mungkin tidak terlalu berbahaya saat masih di bangku sekolah, tetapi dalam dunia kerja, mereka bisa sangat merugikan karier kamu.

Dikutip dari dapinoyemployee, Selasa (19/11/2019), berikut cara menangani seorang pengadu.

Tutup mulut
Seorang pengadu ulung akan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang tersedia secara bebas untuk digunakan demi keuntungannya sendiri. Jika kamu berbicara, menolak, bereaksi atau menuduh balik, kata-kata kamu bisa dengan mudah dimanipulasi sesuai keinginannya.

Karena itu, jika kamu ingin bertahan hidup dari pengadu di tempat kerja, hadapi mereka di level profesional. Jangan pernah beri mereka terlalu banyak informasi, apakah itu tentang kehidupan atau pekerjaan kamu.

Baca juga: Selamatkan Kariermu! Ini 8 Tanda Bosmu Beracun

Lindungi diri dan kariermu
Jangan pernah ceritakan tentang pekerjaan kamu. Dengan begitu si pengadu tidak akan memiliki amunisi untuk menembakmu.

Ingatlah untuk tidak pernah membicarakan detail penting dari proyek kamu dengan orang yang tidak terlibat. Lindungi komputer kamu dengan password. Jika kamu memiliki asisten, peringatkan mereka untuk menjaga kerahasiaan.

Jangan melawan balik dengan mengadu
Ketika kamu ditempatkan pada posisi yang dirugikan oleh pengadu di tempat kerja, naluri kamu mungkin akan memintamu untuk melawan dengan mendapatkan segala macam informasi negatif tentangnya.

Jangan lakukan, terutama jika kamu ingin menjaga rasa hormat atasan dan rekan kerja kamu. Jangan jatuh cinta pada filosofi ‘nyawa diganti dengan nyawa’. Ini akan menjadi bumerang.

Baca juga: Ciri-ciri Orang Beracun di Kantor. Jangan Sampai Kamu Memilikinya

Jangan membalas
Seorang pengadu hidup untuk perhatian dan dengan senang berpartisipasi dalam situasi yang telah kamu buat. Selalu pertahankan ketenangan diri kamu.

Kebanyakan pengadu senang melihat betapa rentannya dirimu saat mereka mengadukan dirimu pada bos. Jangan biarkan mereka melihat betapa jatuhnya dirimu.

Berikan pekerjaan pada pengadu
Teknik ini akan bekerja dengan baik jika kamu seorang supervisor atau manajer. Pengadu di tempat kerja melakukan apa yang dia lakukan karena mereka punya terlalu banyak waktu luang.

Jika mereka memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, mereka akan fokus pada tugas, bukan pada cara mereka merusak karier orang lain.

Ingat, jika kamu menuduh seseorang sebagai pengadu, kamu harus memiliki bukti yang kuat untuk membuktikannya. Jika tidak, sebaiknya tahan diri dulu daripada situasi berbalik menyerangmu.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply