Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Interview Kerja? Ini Cara Cerdas Jawab “Di mana Kamu Melihat Dirimu dalam 5 Tahun?”

Dok. iStock

Topcareer.id – “Di mana kamu melihat dirimu dalam 5 tahun ke depan?” Pertanyaan mungkin selalu hadir di setiap wawancara kerja. Ada yang bertanya-tanya jawabannya apa. Untungnya, ada beberapa cara elegan untuk menjawab topik ini.

Dalam laman The Ladders, salah satu metode cerdas adalah berbicara tentang bagaimana kamu ingin memperluas atau meningkatkan perusahaan dalam 5 tahun ke depan kamu bekerja di sana. Menjawab dengan cara ini akan menunjukkan bahwa kamu memahami tujuan strategis jangka panjang perusahaan dan melihat cara agar kamu tetap berharga di masa depan.

Menurut Suzy Welch, contributor CNBC yang juga penulis terkenal soal management, cara lain untuk mengesankan manajer perekrutan adalah dengan menjawab dampak yang kamu harapkan terhadap perusahaan.

Baca juga: Interview Kerja, Bagaimana Menjawab Alasan Kamu Dipecat?

“Kamu dapat mengatakan sesuatu seperti, ‘Dalam lima tahun, saya berharap berada dalam peran yang lebih strategis, karena saya adalah bagian dari tim yang meluncurkan ekspansi kami ke Asia,’” kata Welch.

“Atau kamu bisa mengatakan, ‘Saya berharap berada di peran kepemimpinan membantu memperluas basis klien yang luar biasa di sektor energi terbarukan.’”

Welch mengatakan bahwa kamu baru saja mencerminkan pemahamanmu tentang tujuan strategis perusahaan. Selain itu, kamu telah memperjelas bahwa kamu melihat jalur kariermu terkait dengan prestasi mereka.

Yang harus diperhatikan

Berhati-hatilah dengan caramu saat menunjukkannya kepada mereka. Artikulasikan dengan lembut. Amy Levin-Epstein menulis tentang topik lima tahun ini untuk CBS News dan sampai pada kesimpulan bahwa tetap lembut dan bersikap umum bisa jadi cara yang baik.

Baca juga: Apa Makanan yang Tepat Sebelum Interview Kerja?

Sebutkan bagaimana kamu melihat dirimu tumbuh dalam peran selama 5 tahun ke depan, dan mainkan dengan aman. Strategi ini mungkin tidak akan berhasil dengan perekrut yang lebih tajam dan bermata elang yang mencoba menguji kemampuan berpikiran maju, tetapi pewawancara lain mungkin menyukai respons ini.

Dan tentu saja, jika tidak satu pun dari strategi ini terasa otentik bagi Anda, selalu ada pendekatan klasik dengan memberi tahu pewawancara di mana kamu benar-benar berharap berada di dalam perusahaan dalam 5 tahun. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply