Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Ampuh Cepat Belajar dan Menguasai Hal Baru

Dok. She the People

Topcareer.id – Mempelajari hal-hal baru merupakan bagian besar dari kehidupan. Kamu harus selalu berusaha untuk belajar dan tumbuh. Itu semua membutuhkan waktu, dan waktu yang kamu miliki sangat berharga.

Jadi bagaimana kamu bisa memanfaatkan waktu dengan mempercepat proses belajar? Berkat ilmu psikologi, kamu bisa mendapatkan cara paling efektif bagi otak kamu untuk cepat belajar.

Dilansir dari Entrepreneur.com, berikut ini cara yang sudah terbukti untuk bisa belajar lebih cepat.

Baca juga: Cara Melampiaskan Amarah dengan Profesional di Tempat Kerja

Buat catatan dengan pena dan kertas
Meskipun sepertinya mengetik catatan di laptop terasa lebih membantu dalam belajar, nyatanya hal itu kurang tepat. Untuk mempercepat pembelajaranmu, mencatatlah dengan cara kuno menggunakan pena dan kertas.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengetik menggunakan laptop menyimpan informasi di tingkat lebih rendah daripada mereka yang membuat catatan dengan tulisan tangan. Tindakan menulis informasi mendorong pemahaman dan lebih lama mengendap dalam ingatan. Membingkai ulang informasi dengan kata-kata kamu sendiri dan membantumu menyimpan informasi lebih lama.

Miliki keterampilan mencatat yang efektif
Semakin baik catatanmu, semakin cepat kamu akan belajar. Mengetahui cara membuat catatan yang cermat dan akurat akan membantumu mengingat konsep, mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik dan mengembangkan keterampilan belajar yang bermakna.

Baca juga: Cara Mengubah Keluhan Menjadi Hal Positif

Praktik terdistribusi
Langkah pertama adalah mencatat secara menyeluruh saat topik sedang dibahas. Setelah itu, luangkan beberapa menit untuk memeriksa catatan kamu, buat penambahan atau perubahan apa pun untuk menambah detail dan memastikan keakuratan. Lakukan ini dengan cepat, sekali atau dua kali setiap mengikuti kelas atau periode pengajaran.

Belajar, tidur, belajar lagi
Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara tidur dan belajar. Tampaknya menutup mata adalah elemen penting dalam memperkuat cara otak untuk mengingat sesuatu. Tidur nyenyak bisa memperkuat ingatan, jika tidur terjadi dalam waktu yang cukup setelah mempelajari informasi baru.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply