Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Ampuh Cepat Belajar dan Menguasai Hal Baru

Dok. She the People

Ubah pola latihan
Jika kamu mempelajari suatu keterampilan, jangan lakukan hal yang sama berulang kali. Membuat sedikit perubahan selama sesi latihan berulang akan membantumu menguasai keterampilan lebih cepat daripada melakukannya dengan cara yang sama setiap waktu.

Coba perangkat mnemonik
Salah satu cara terbaik untuk menghafal sejumlah besar informasi dengan cepat adalah dengan menggunakan perangkat mnemonik: pola huruf, suara, atau asosiasi lain yang membantu dalam mempelajari sesuatu. Mnemonics membantumu menyederhanakan, meringkas, dan memampatkan informasi agar lebih mudah dipelajari. Ini berguna bagi siswa di sekolah kedokteran, hukum, atau orang yang sedang belajar bahasa baru.

Baca juga: Cara Profesional Hadapi Pengadu di Tempat Kerja

Istirahat otak
Untuk mempelajari sesuatu yang baru, otak kita harus mengirim sinyal ke reseptor sensorik kita untuk menyimpan informasi baru, tetapi stres dan kelebihan akan mencegah otak memproses dan menyimpan informasi secara efektif. Ketika kita bingung atau merasa kewalahan, otak kita secara efektif mati.

Cara terbaik untuk memerangi ini adalah dengan mengambil istirahat otak. Bahkan istirahat lima menit bisa meringankan kelelahan otak dan membantumu fokus kembali.

Tetap terhidrasi
Ini merupakan kunci kemampuan kognitif kamu. Minum air putih bisa membuatmu lebih pintar. Dehidrasi dapat secara serius mempengaruhi fungsi mental kamu. Ketika kamu jarang minum air putih, otak kamu akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Pelajari informasi dalam berbagai cara
Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan media yang berbeda untuk merangsang berbagai bagian otak, seperti membaca catatan, membaca buku teks, menonton video dan mendengarkan file podcast atau audio pada topik tersebut. Semakin banyak sumber daya yang kamu gunakan, semakin cepat kamu akan belajar. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply