Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Mau Ikut SNMPTN dan SBMPTN 2020, Sudah Tau Hal Ini Belum?

Universitas Indonesia (Dok. Quipper)

Topcareer.id – Baru lulus SMA dan mengincar Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Sudah tahu belum untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) kamu wajib registrasi dan memiliki akun terlebih dahulu di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Dan pada hari ini Senin (2/12/2019) pukul 15.00 WIB kamu sudah bisa melakukan registrasi melalui laman LTMPT di https://portal.ltmp t.ac.id. Dan registrasi akan ditutup pada tanggal 7 Januari 2020, jadi jangan sampai kelupaan ya.

Lalu bagaimana cara dan tahap untuk mengikuti SNMPTN dan SBMPTN tahun ini?

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Lakukan Ini Sebelum Dapat Pekerjaan Full Time

Pertama, kamu harus melakukan registrasi dilaman LTMPT sampai 7 Januari 2020. Kemudian pada 13 Januari sampai 6 Februari 2020 akan ada pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) dan pemeringkatan siswa oleh sekolah maupun siswa.

Setelah itu, kamu bisa melakukan pendaftaran SNMPTN pada tanggal 11 sampai 25 Februari 2020 dan pengumuman hasil SNMPTN akan dilakukan pada tanggal 4 April 2020 pukul 15.00 WIB.

Penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2020 sendiri dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri dengan rincian kuota yaitu SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN 40%, dan Seleksi Mandiri sebesar 30% dari daya tampung PTN.

Dan bagi siswa yang mendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) atau Afirmasi Pendidikan Daerah 3 T (ADik), dengan terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran program KIP-K dan ADik yang dapat dilihat melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan adik.kemdikbud.go.id. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply