Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

9 Sikap Pemimpin yang Disukai Anggota Tim

Ilustrasi (Dok. Entity)

Topcareer.id – Jika kamu ingin menjadi pemimpin yang diikuti bawahan dengan keyakinan absolut, kamu harus menjadi pemimpin yang menyenangkan.

Pemimpin dengan anggota yang loyal adalah para pemimpin yang terampil dalam kecerdasan emosional atau EQ. Ini merupakan keterampilan fleksibel yang bisa ditingkatkan dengan usaha.

Dikutip dari Weforum.org, Senin (02/12/2019) berikut ini perilaku utama pemimpin dengan EQ baik yang membuat mereka begitu disukai.

Baca juga: Punya Bos Workaholic? Begini Mengatasinya Agar Kamu Tidak Stres

Pemimpin yang baik: membentuk koneksi pribadi
Para pemimpin yang menyenangkan berkomunikasi pada tingkat yang sangat pribadi dan emosional. Mereka tidak pernah lupa bahwa ada manusia di sekelilingnya.

Pemimpin yang baik: bisa didekati
Para pemimpin yang disukai benar-benar membuat semua anggota tim merasa berharga karena mereka percaya bahwa setiap orang itu berharga. Ia juga selalu memudahkan dirinya untuk bisa dijumpai kapanpun dan tersedia untuk diajak diskusi apapun.

Pemimpin yang baik: rendah hati
Mereka tidak bertindak seolah-olah lebih baik dari bawahannya, karena mereka tidak berpikir bahwa mereka lebih baik. Pemimpin yang disukai melihat posisi kepemimpinan mereka sebagai pertanggungjawaban tambahan untuk melayani anggota timnya.

Baca juga: Rekan Kerja Jadi Bos? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Pemimpin yang baik: berpandngan positif
Pemimpin yang disukai selalu mempertahankan pandangan positif. Bahkan dalam situasi negatif yang tak dapat disangkal, para pemimpin yang disukai membangkitkan harapan yang antusias untuk masa depan. Keyakinan mereka bisa membantu menjadikan hari esok lebih baik daripada hari ini.

Pemimpin yang baik: jujur
Ketika sampai pada kesuksesan atau kegagalan, para pemimpin yang menyenangkan mengambil sikap dengan tenang. Mereka menikmati kesuksesan dengan melibatkan timnya, dan saat gagal pun mereka dengan mudah mengakui kesalahan. Mereka belajar dari keduanya dan terus maju.

Pemimpin yang baik: murah hati
Mereka ingin kamu membantunya karena mereka cukup percaya diri untuk tidak pernah khawatir bahwa kesuksesanmu mungkin membuat mereka terlihat buruk. Bahkan, mereka percaya bahwa kesuksesanmu adalah penyebab kesuksesan mereka.

Pemimpin yang baik: Berintegritas
Para pemimpin yang disukai menginspirasi kepercayaan dan kekaguman melalui tindakan mereka, bukan hanya kata-kata. Integritas itu penting bagi mereka. Bahkan seorang pemimpin yang mengeluarkan pesona tidak akan disukai jika pesona itu tidak didukung integritas yang kuat.

Pemimpin yang baik: membaca orang seperti buku
Mereka mencatat ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada suara untuk mengetahui apa yang terjadi dengan bawahan mereka. Dengan kata lain, mereka memiliki kesadaran sosial yang tinggi dan keterampilan EQ yang kritis.

Pemimpin yang baik: menghargai potensi
Para pemimpin yang menyenangkan tidak hanya melihat yang terbaik dalam diri bawahan mereka, tetapi mereka juga memastikan bahwa semua orang lain melihat apa yang terbaik dari timnya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply