Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Turun Jabatan? Begini Cara Menghadapinya dengan Profesional

Dok. Medical News Today

Topcareer.id – Ketika kamu sedang tenang bekerja, tiba-tiba atasan memanggilmu untuk bicara secara personal, dan beberapa saat kemudian kamu dikabarkan bahwa kamu diturunkan jabatan atau demosi.

Demosi bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan walaupun alasannya untuk kebaikan perusahaan atau dirimu sendiri. Jadi penting untuk mengetahui bagaimana menanganinya.

Mengutip Fool.com, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi penurunan jabatan atau demosi.

Baca juga: Alasan Kamu Tak Kunjung Raih Promosi Jabatan

Tetap tenang
Wajar untuk marah atau emosional ketika atasan menurunkan jabatanmu. Tetapi lakukan yang terbaik untuk tetap tenang. Hal ini tidak hanya akan membuat suasana tetap stabil, tetapi juga bisa menjadi anggapan yang menguntungkan dirimu bahwa kamu tetap profesional bahkan dalam menghadapi berita buruk.

Memahami mengapa itu terjadi
Mungkin perusahaan kamu bergabung dengan perusahaan lain atau direorganisasi, dan demosi kamu adalah masalah perampingan untuk menghindari tumpang tindih jabatan dari yang lain. Atau, mungkin penurunan jabatanmu merupakan hasil dari kinerjamu yang kurang. Apa pun masalahnya, pastikan kamu memiliki pemahaman jelas tentang mengapa kamu bisa kehilangan jabatan.

Bicara dengan HRD
Jika kamu merasa bahwa demosi kamu bersifat diskriminatif atau tidak adil, kamu harus meninjau situasi dengan perwakilan HRD yang netral. Bisa jadi keputusan untuk demosi kamu dibuat secara independen oleh bos kamu secara tidak adil. HRD mungkin bisa turun tangan untuk membantumu mendapatkan kembali jabatan dan pekerjaanmu.

Baca juga: Tidak Dapat Promosi, Begini Menyikapinya

Cari tahu apakah akan menetap atau pergi
Demosi tidak hanya memukul dirimu secara mental, tetapi juga penghasilanmu. Setelah kamu memberikan waktu kepada diri sendiri untuk memproses berita demosi, pikirkan apakah kamu akan tetap bersama perusahaan di posisi lebih rendah, atau membersihkan resume kamu dan mulai mencari peluang baru. Tapi pastikan keputusan itu pada apa yang terbaik untuk karier kamu, bukan hanya karena mengedepankan ego yang terluka. Karena bisa jadi perusahaanmu menawarkan paket manfaat luar biasa yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Atau gaji baru kamu masih lebih baik daripada yang akan kamu dapat di tempat lain.

Demosi atau turun jabatan tidak pernah menyenangkan untuk dilalui, tetapi cara kamu mengatasinya bisa membentuk jalur kariermu. Anggaplah demosi sebagai kemunduran untuk membangkitkan semangatmu hingga pada akhirnya kamu akan tumbuh untuk mengatasinya dan meraih karier yang lebih baik. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply