Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Atasi Rambut Lepek dan Berminyak Saat Musim Hujan

Ilustrasi (dok. Cosmetology)

Topcareer.id – Saat musim hujan mulai datang seperti ini, kita harus waspada dengan kesehatan dan penampilan rambut kita.

Karena percikan air hujan sekecil apa pun, berpotensi membuat rambut lepek, kusut, dan tak sedap dipandang bahkan bisa cenderung perpotensi membuat rambut jadi berminyak. Berikut kami punya beberapa tips untuk menjaga rambut agar tetap rapi, sehat, dan bersih selama musim hujan.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Kaki Pegal dan Bengkak Akibat Kelelahan

1.Jangan gunakan hairspray atau gel selama musim hujan. Karena bahan-bahan di dalam kosmetik rambut tersebut jika kena air hujan akan melekat pada kulit kepala dan bisa menyebabkan ketombe.

2. Setiap malam sebelum tidur, pijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari untuk melancarkan peredaran darah, tentunya saat kondisi kepala dan rambut bersih.

3. Lakukan creambath secara teratur, paling tidak dua minggu sekali untuk menjaga rambut agar jauh dari masalah yang disebabkan oleh efek air hujan pada rambut dan kulit kepala kita.

4. Rambut panjang sebaiknya diikat, dikepang, atau dijepit dengan rapi di atas kepala jika mau keluar ruangan. Rambut pendek sebaiknya ditata sesimpel mungkin sehingga meski basah kena hujan, ketika kering model rambut tidak jauh berbeda.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Kaki Pegal dan Bengkak Akibat Kelelahan

5. Jika kamu sering bepergian sebaiknya pilih potongan rambut pendek. Rambut pendek lebih mudah disisir dan dikeringkan. Jika tetap ingin rambut panjang, segera keringkan begitu basah kena air hujan. Bawa selalu handuk dan hairdryer kecil di tas kita.

6. Jangan memakai minyak rambut, karena minyak bertemu air akan menimbulkan bau tak sedap.

7. Lakukan perawatan rutin atau setidaknya keramas dua hari sekali.

Setelah kita banyak mewaspadai dan mejaga kondisi rambut saat terkena air hujan secara maksimal, kadang-kadang masalah rambut bakalan muncul secara berkelanjutan.

Di antaranya adalah rambut lepek dan berminyak yang disebabkan sering terkena gerimis dan air hujan tadi. Ditambah tingginya tingkat polusi di lingkungan kita sangat mempengaruhi terjadinya rambut lepek. Maka merawat rambut secara terus-menerus wajib kita lakukan. * Diolah dari berbagai sumber.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply