Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas Terjebak Pertemanan Beracun, Kenali Tandanya

Topcareer.id – Pertemanan yang beracun hanya akan menguras energi, meningkatkan rasa insecure, dan mengajakmu menjatuhkan orang lain. Pada tingkat yang lebih parah, bisa jadi kamu yang akan dijatuhkannya.

Waspadalah terjebak dalam pertemanan yang beracun. Perhatikan ciri-cirinya dan segera jauhi begitu kamu menyadarinya.

Mengutip thetab.com, Selasa (03/12/2019), jika teman kamu melakukan hal-hal berikut, berarti kamu sedang terjebak dengan pertemanan yang beracun.

Hanya berbicara tentang diri mereka sendiri
Setiap percakapan yang kamu lakukan entah bagaimana berakhir hanya tentang mereka. Mereka hanya tertarik untuk membicarakan masalah atau kesuksesan mereka. Mereka tidak akan pernah bertanya bagaimana keadaanmu.

Baca juga: 5 Tanda Lingkungan Kerja Kamu Beracun

Tidak pernah mau mendengarkan kamu
Ketika kamu membutuhkan dukungan teman, kamu akan berbicara dengan mereka, tetapi mereka tidak benar-benar mendengarkanmu.

Suka memotong pembicaraan
Seringkali teman-teman yang beracun akan memotong pembicaraan dan mengarahkan kembali topiknya tentang mereka. Mereka tidak menganggap penting apa yang kamu ceritakan.

Lebih suka mengkritik daripada mendukung
Teman yang baik tidak akan menghakimi atau mengkritikmu tanpa alasan, Mereka justru ingin membantumu melalui perjuangan. Teman yang beracun akan melakukan sebaliknya.

Membuat jokes yang mereka tahu akan melukaimu
Terkadang mereka mengatakan hal-hal yang keji atau mempermalukanmu di depan orang lain. Dan ketika kamu memberi tahu mereka bahwa kamu merasa tidak nyaman, mereka menganggapnya hanya sebagai jokes.

Baca juga: Selamatkan Kariermu! Ini 8 Tanda Bosmu Beracun

Tidak senang dengan kesuksesanmu
Ketika segalanya berjalan baik untukmu, mereka tidak pernah ingin berada di dekatmu untuk merayakan keberhasilanmu

Sulit mendapat perhatian mereka
Seorang teman yang baik akan meluangkan waktu untukmu dan akan membuatmu merasa aman, tidak seperti mereka yang membuatmu harus mengejar perhatian mereka sepanjang waktu.

Jarang mempertimbangkan perasaanmu
Contohnya seperti mengubah secara sepihak hal-hal yang kamu rencanakan bersama, atau lebih parahnya bergaul intim dengan mantan pacarmu yang masih sangat kamu pedulikan.

Memanipulasi dengan omong kosong mereka
Mereka akan memanipulasimu untuk berpikir bahwa mereka tidak melakukan kesalahan. Tujuannya membuatmu percaya bahwa kamu terlalu sensitif atau salah paham, sehingga mereka bisa lolos dari kesalahannya.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply