Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Trik Agar Dompet Tidak Jebol saat Liburan Akhir Tahun

Dok. Texas Financial & RetirementDok. Texas Financial & Retirement

Topcareer.id – Merayakan akhir tahun dengan liburan atau berbelanja memang tak ada salahnya. Tapi jika kamu mau sedikit merenung tentang keadaan finansialmu setelah akhir tahun, mungkin kamu akan lebih berhati-hati dalam melakukannya.

“Kesalahan keuangan terbesar di akhir tahun, adalah melakukannya secara berlebihan selama liburan,” kata Jean Chatzky, pakar keuangan pribadi dan salah satu pendiri HerMoney kepada CNBC Make It.

Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, Chatzky merekomendasikan untuk mulai menetapkan anggaran yang masuk akal.  Coba cari tahu apa yang bisa kamu belanjakan untuk liburan, bukan hanya hadiah untuk orang-orang, tetapi hiburan, makanan dan transportasi untuk pesta.

Setelah menetapkan anggaran, patuhi itu. Berikut adalah tiga strategi untuk membantu keuanganmu aman selama musim libur akhir tahun.

Lacak pengeluaran

Kamu tidak dapat memenuhi anggaran jika kamu sendiri tidak tahu ke mana uangmu akan dikeluarkan. Rekam setiap pembelian terkait liburan untuk melacak berapa banyak yang telah kamu belanjakan. Jumlahnya mungkin mengejutkan.

Hitung totalnya setiap beberapa hari sehingga kamu tahu persis berapa banyak uang liburan yang tersisa untuk dibelanjakan.

Baca juga: Bingung Liburan Akhir Tahun Mau Ngapain? Coba 7 Ide Seru Ini

Berbelanja lebih cerdas

Pedagang kerap merancang produk sedemikian rupa untuk membuatmu mengeluarkan uang yang banyak. Sebagai permulaan, mereka bahkan memajang tulisan “SALE” berwarna merah dengan ukuran yang besar.

“Kamu harus tahu dulu mana yang baik, dan mana yang tidak. Jika kamu berada di milis untuk sebuah department store, dan mereka mengirimimu kupon diskon 20% atau 30% setiap kali mendapatkannya, maka ‘sale’ liburan yang mereka keluarkan dengan diskon 30%  bukanlah ‘sale’ yang sebenarnya,” ujar Chatzky.

Perhatikan juga trik umum lainnya yang digunakan toko, seperti menempatkan barang mahal pada tempat yang mudah terjangkau pandangan mata, serta memuat produk yang menggoda di lorong checkout.

Gunakan uang tunai saja

Jika ingin sedikit lebih ekstrem, cobalah hanya menggunakan uang tunai selama liburan.

Ini berarti kamu menarik sejumlah uang tunai dari dana yang telah kamu alokasikan untuk pengeluaran liburan, kemudian berkomitmen untuk hanya menggunakan itu tanpa ada tambahan budget lainnya.

Oh ya, agar tidak melampaui anggaran, jangan bawa kartu kredit bersamamu.

Editor: Feby Ferdian

Tinggalkan Balasan