- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau Jadi Ilmuwan? Coba Tiru Kebiasaan Scientist Ternama Ini

Albert Einstein. (dok. SCMP)

Topcareer.id – Apa yang dilakukan orang-orang pintar, ilmuwan atau scientist saat jam makan siang atau sampai sore hari? Apakah mereka akan bekerja siang dan malam atau malah menikmati santai sore di kebun?

Mungkin dari kebiasaan-kebiasaan berikut ini, kamu yang ingin menjadi scientist bisa meniru mereka, setidaknya dari kebiasaan kecil dulu, seperti dalam laman Mendeley.

Pagi hari, bangun pagi hari atau leyeh-leyeh dulu ya?

Ilmuwan sekaligus salah satu Bapak Bangsa Amerika Benjamin Franklin rutin bangun tiap jam 5 pagi untuk merancang bisnis dan melakukan resolusi hari itu. Sementara, ahli syaraf Oliver Sacks, juga bangun jam 5 pagi untuk berkemas saat sarapan, berenang, dan mengunjungi psikoanalisnya sebelum mulai bekerja pada jam 9.

Baca juga: 10 Kebaikan Sinar Matahari Pagi untuk Tubuh Kamu

Tapi tidak semua ilmuwan bangun pagi. Fisikawan Brian Cox mengatakan bahwa dia suka bangun jam 9, “Kalau aku bisa lolos begitu saja.” Sedangkan penemu telepon Alexander Graham Bell sering harus dipaksa keluar dari tempat tidurnya untuk sarapan pukul 8.30 pagi, setelah begadang bekerja.

Makan siang: istirahat dan melakukan sesuatu yang bermanfaat?

Bagi Charles Darwin, makan siang berarti lebih dari sekadar makan. Dia akan mengambil istirahat untuk mengajak jalan anjingnya di sepanjang The Sandwalk, sambil berpikir. Setelah makan siang ringan dia kemudian membaca koran Times dan membalas surat.

Nikola Tesla biasa berjalan sekitar sepuluh mil sehari, memikirkan ide-ide untuk penemuan baru. Kebiasaan itu akhirnya menjadi semacam paksaan: setelah berjalan di sekitar blok, dia akan bersikeras berjalan di sekitarnya dua kali lebih banyak.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply