Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Awas Teror Link Berbahaya, Begini Cara Mengenalinya

Sumber foto: CSOSumber foto: CSO

Topcareer.id – Virus komputer belakangan semakin merajalela di Internet. Kamu harus lebih waspada dan berhati-hati saat menerima sebuah link yang mencurigakan.

Biasanya, saat menerima email di kantor, seringkali ada tautan atau link disediakan. Jangan langsung gegabah membukanya.

Periksa lebih dulu apakah link tersebut menuju ke situs web yang nyata, atau membuka pintu komputer kamu terhadap serangan virus atau malware?

Dikutip dari pcworld.com, Rabu (11/12/2019), berikut cara mengeceknya.

Arahkan kursor ke tautan atau link
Terkadang tautan atau link menutupi situs web yang ditautkannya. Jika kamu mengarahkan kursor ke tautan tanpa mengkliknya, kamu bisa melihat URL lengkap tujuan tautan di sudut bawah browser kamu.

Gunakan Link Scanner
Link scanner adalah situs web dan plug-in yang memungkinkan kamu memasukkan URL tautan yang mencurigakan dan memeriksanya demi keamanan.

Ada banyak pemindai tautan gratis dan andal yang tersedia. Salah satunya adalah URLVoid. Alat ini memindai tautan menggunakan beberapa layanan, seperti Google, MyWOT, dan Norton SafeWeb, kemudian melaporkan hasilnya dengan cepat.

Baca juga: Saran Bikin Password yang Nggak Gampang Dibobol

Lihat tautan singkat
Untuk memindai tautan pendek misterius dari layanan seperti bitly, Ow.ly, dan TinyURL, gunakan Sucuri.

Sucuri secara otomatis memperluas tautan pendek dan memanfaatkan beberapa layanan, seperti Google, Norton SafeWeb, dan PhishTank untuk menentukan apakah tautan itu aman atau tidak.

Salin tautan dengan aman
Jika kamu ingin dengan cepat dan aman mengetes URL tanpa membuka apa pun, cukup klik kanan tautan untuk memunculkan menu konteks, lalu klik copy shortcut (di Internet Explorer), copy link location (di Firefox), atau copy link address (di Chrome).

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply