Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ragam Perlindungan Usaha untuk UMKM, Gerobak pun Diproteksi

Ralali.com jalin kerja sama dengan Futuready demi proteksi UMKM di Indonesia di Jakarta, Selasa (10/12/2019). (foto: Hilda/Topcareer.id)

Topcareer.id – Proteksi bisnis atau usaha berupa asuransi properti memang banyak tersedia. Namun biasanya untuk nilai properti yang cukup tinggi. Bagaimana jika pelaku usaha seperti warung (UMKM) bisa mendapat proteksi usaha yang sama?

Ralali.com bersama Futuready berkolaborasi memberikan kemudahan berupa perlindungan usaha (asuransi) demi kemajuan UMKM. Tidak tanggung-tanggung, ada beragam produk perlindungan usaha yang bakal dikeluarkan untuk pelaku UMKM.

SVP of Financial Business Ralali.com, Alvin Aulia Akbar menyampaikan ada 4 produk asuransi hasil kolaborasi Ralali.com dengan Futuready dalam membantu kemudahan usaha UMKM.

Baca juga: Ralali.com dan Futuready Targetkan Proteksi 1 Juta UMKM di 2020

Asuransi Fire

 “Yang pertama itu ada yang namanya perlindungan business interruption. Banyak dari UMKM di Ralali.com punya properti atau tempat usaha. Atau kita bilangnya FMCG retailer ada juga toko handphone. Mereka ada aset yang bergerak ada juga aset yang tidak bergerak,” jelas Alvin dalam paparannya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Aset tidak bergerak yang dimaksud Alvin bagi UMKM, seperti kios, warung, ruko atau rumah. Sementara, asset bergerak, bisa berupa gerobak. Menurutnya, itu semua asset pelaku usaha UMKM yang juga perlu dilindungi.

Asuransi Fire, produk unggulan besutan kolaborasi Ralali.com dan Futuready merupakan satu-satunya asuransi di Indonesia yang dapat memberikan perlindungan untuk properti usaha bergerak contohnya gerobak. Asuransi Fire untuk pelaku usaha dapat dinikmati hanya dengan harga premi senilai Rp 5.000.

Asuransi fasilitas mobile phone

Yang kedua, kata Alvin, sekarang zaman sudah digital bahkan hampir setiap kegiatan dilakukan lewat smartphone, tak terkecuali para pelaku usaha UMKM. Mulai dari mencari barang bahan jualan hingga berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan smartphone.

“Kalau misal tiba-tiba handphone-nya rusak, artinya pada hari tertentu dia nggak bisa melakukan operasional bisnis dengan semestinya. Itulah yang menjadi dasar kami meluncukan program kedua, kami memberikan proteksi terhadap handphone pelaku UMKM. Jadi, jika ada kerusakan, retak-retak, maka UMKM nggak terlalu repot lagi karena sudah ada proteksi dari Futuready.”

Asuransi Income Business

Alvin menyampaikan menurut pengalaman Ralali.com yang berinteraksi langsung dengan pelaku UMKM, setidaknya 60-70 persen usaha merupakan single income business. Artinya, di antara keluarga hanya satu anggota yang mampu menghasilkan pendapatan. Pendapatan utama hanya dari satu orang, seorang bapak misalnya sebagai kepala rumah tangga.

Ketika ayah atau ibu  yang menjadi andalan ini sakit atau mengalami kesulitan, seluruh keluarga terancam kehilangan pendapatan. Apabila ini terjadi terus-menerus, bagaimana UMKM itu bisa tetap mengoperasikan usahanya?

“Produk ketiga untuk UMKM bagaimana ketika dia mendapatkan hambatan tertentu terhdap bisnisnya sehingga tidak mendapatkan pendapatan pada hari itu, maka kita berikan proteksi. Jadi keluarganya masih bisa makan, anaknya masih bisa sekolah,” ucap Alvin.

Asuransi Pendidikan

Tak hanya proteksi bagi kelangsungan usaha para pelaku UMKM, tapi juga proteksi pendidikan bagi anak pelaku usaha. Asuransi ini memberikan proteksi pendidikan sehingga tidak terkena dampak jika mengalami kondisi bisnis yang macet atau di luar rencana.

“Dengan asuransi itu anaknya bisa melanjutkan pendidikan dengan tenang. Produk-produk yang saya rasa di-create khusus untuk para UMKM.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply