Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Ini Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional Selain Diplomat

Dok. Xinhua

Topcareer.id – Mau jadi diplomat bisa lewat pendidikan dengan studi Hubungan Internasional. Tapi, tak hanya diplomat saja, lulusan studi ini juga bisa merambah karier berprospek cerah lainnya. Kira-kira apa saja prospek kerja para lulusan studi Hubungan Internasional, ya?

Berikut tujuh prospek kerja Hubungan Internasional yang bisa dipilih selain menjadi diplomat seperti dikutip dari Masters Portal.

1. Konsultan

Jika dilihat secara umum, studi ini mengajarkan berbagai macam hal mengenai sejarah dan cara menjalin hubungan yang baik antar negara atau biasa disebut dengan diplomasi. Pun termasuk belajar bagaimana menganalisis masalah hingga menghasilkan solusi.

Sementara, untuk menjadi seorang konsultan dibutuhkan tingkat analisis yang dalam guna memberikan solusi atau pemahaman kepada  klien. Kelebihan lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata dengan jurusan lainnya. Jadi kesempatan untuk jadi konsultan internasional semakin terbuka lebar.

Baca juga: Ini Rekomendasi 5 Sekolah Fashion Buat Kamu

2. Politikus

Gaya komunikasi yang baik dan khas membuat profesi sebagai politikus bisa menjadi prospek kerja bagi lulusan Hubungan Internasional yang selanjutnya. Ilmu politik yang dipelajari selama bangku kuliah bisa sangat membantu dalam menjalankan pekerjaan.

3. Jurnalis

Prospek kerja Hubungan Internasional yang sangat mungkin adalah sebagai jurnalis atau wartawan. Kemampuan menulis dan analisis yang terasah selama masa kuliah menjadi modal yang baik buat para lulusannya bisa terjun langsung ke lapangan.

Selain itu, keahlian dalam berkomunikasi juga bisa digunakan untuk mewawancarai  narasumber agar menghasilkan sebuah artikel yang layak dibaca banyak orang.

Leave a Reply