Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Asyik Menghadapi Tekanan Pekerjaan

Foto Ilustrasi hadapi tekanan

Topcareer.id – Tekanan selalu ada dalam setiap dunia kerja, bahkan dalam kehidupan di luar pekerjaan pun mungin saja terjadi. Kamu harus bisa menguasai diri untuk tetap cool saat mengalami tekanan agar setiap hal bisa tetap terselesaikan dengan baik.

Tapi, bagaimana caranya?

Orang-orang sukses karena mereka lebih mampu mengurangi efek negatif dari tekanan dan cobaan hidup. Mengutip inc.com, Selasa (17/12/2019), menangani tekanan adalah keterampilan. Kamu bisa mempelajarinya. Begini cara untuk tetap cool saat kamu berada pada posisi tertekan.

Baca juga: Interview Kerja, Apa Jawaban Terbaik Saat Ditanya `Apa Kelemahan Kamu?`

Pikirkan tekanan sebagai tantangan atau kesenangan
Kebanyakan orang melihat “under pressure” sebagai ancaman, dan itu membuat mereka berperforma lebih buruk. Melihat tekanan sebagai ancaman bisa merusak kepercayaan diri kamu, memunculkan rasa takut gagal, merusak ingatan jangka pendek, dan memacu perilaku impulsif. Coba alihkan pikiran kamu, anggap under pressure sebagai tantangan atau kesenangan.

Ingatkan diri bahwa ini hanyalah salah satu dari banyak peluang
Berpikirlah secara realistis bahwa peluang tambahan akan datang pada kamu saat mengalami under pressure. Dengan begini dirimu akan terdorong untuk mencari peluang di balik tekanan untuk akhirnya bisa berhasil.

Baca juga: Pernah Bayangkan Berapa Jumlah Bakteri di Meja Kantormu?

Fokus pada tugas, bukan pada hasil
Daripada mengkhawatirkan hasilnya, khawatirkan saja tentang tugas yang ada. Saat kamu memikirkan tugas yang ada kamu akan mengembangkan visi dan misi kamu, dan yang bisa kamu lihat hanya langkah konkret yang diperlukan untuk tetap unggul.

Biarkan diri merencanakan yang terburuk
Ini bisa melindungi diri dari tekanan dengan membiarkan kamu bersiap terhadap skenario terburuk dan kamu tidak akan terlalu terkejut oleh hal yang tak terduga. Sehingga kamu bisa tetap cool saat under pressure.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply