Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, July 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Rasakan Manfaat Ini dengan Yoga Cukup 1-2 Kali Seminggu

Ilustrasi. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Ya, seperti yang kita tahu manfaat yoga di antaranya meredakan stres, bahkan membantu meringankan penyakit punggung lantaran duduk di meja sepanjang hari. Studi baru menunjukkan yoga juga meningkatkan kesehatan otak dengan berlatih hanya sekali atau 2 kali seminggu.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain Plastisitas, yoga bermanfaat bagi otak dengan cara yang mirip dengan latihan aerobic.

Yoga juga telah terbukti meningkatkan kinerja kognitif, perhatian dan memori. Para peneliti meninjau 11 studi yang melihat efek dari berlatih yoga di otak.

Menurut Neha Gothe, penulis studi dan direktur lab psikologi latihan di University of Illinois di Urbana-Champaign, kepada CNBC Make It, peneliti menemukan bahwa yoga tampaknya memiliki efek positif pada bidang-bidang utama yang bertanggung jawab untuk pemrosesan memori dan informasi, serta regulasi emosional.

Baca juga: 10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Fisik Kamu (Bag. 1) dan 10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Fisik Kamu (Bag. 2)

“Kami percaya salah satu mekanisme utama bisa jadi bahwa latihan yoga teratur memengaruhi regulasi emosional. Artinya, itu membantu mengurangi stres, kecemasan, dan respons emosional negatif lainnya,” kata Gothe.

Gothe menambahkan, penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan suasana hati terkait dengan kesehatan dan fungsi otak yang lebih baik.

Meskipun ada banyak gaya yoga yang berbeda dengan berbagai tingkat intensitas, para peneliti menemukan bahwa yoga Hatha cenderung memiliki manfaat paling besar.

Baca juga: Warna Pakaian Gym Ternyata Punya Pengaruh Besar

Gothe menyampaikan, yoga ini merupakan bentuk yang menggabungkan gerakan fisik (disebut asana) dengan latihan pernapasan (disebut pranayama) dan meditasi (atau dhyana). Jadi, kata dia, kombinasi dari tiga elemen inti yoga tampaknya berdampak pada struktur dan fungsi otak.

“Dosis yoga yang tepat yang diperlukan untuk merasakan manfaat kesehatan otak tergantung pada orang tersebut. Tetapi kebanyakan orang dalam studi menemukan manfaat setelah berlatih yoga hanya sekali atau dua kali seminggu, selama 10 hingga 24 minggu,” katanya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan perhatian, meredakan kecemasan dan bahkan membantumu tetap berpegang pada kebiasaan sehat dalam aspek lain dari kehidupan.

Leave a Reply