Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan 5 Rutinitas Ini

sleep-clock-sleeping-womanIlustrasi (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Kualitas tidur kamu memiliki dampak yang sangat besar pada kesejahteraanmu, baik secara fisik dan psikologis.

Kebanyakan orang menganggap rutinitas tidur hanya penting untuk anak-anak. Mereka lupa bahwa sebagai orang dewasa mereka pun membutuhkannya.

Kualitas tidur yang buruk bisa membuat seseorang mudah tersinggung, stres, dan sulit berkonsentrasi pada siang hari. Produktivitasnya juga rata-rata menurun.

Rutinitas yang baik sebelum tidur bisa menurunkan secara signifikan masalah tidur. Dilansir dari sleepjunkies.com, Rabu (18/12/2019), berikut lima tips untuk membuat rutinitas tidur yang efektif.

Persiapkan keperluan hari esok sebelum mengantuk
Kumpulkan dan persiapkan semua yang kamu butuhkan untuk esok hari seperti pakaian, dompet, tas kerja, kunci, ponsel, dll. Sebaiknya lakukan segera setelah kamu tiba di rumah sehingga kamu bisa lekas untuk istirahat tanpa dibuat pusing keesokan paginya.

Lakukan perhitungan
Cari tahu jam berapa maksimal kamu harus pergi tidur agar kamu bisa bangun dalam keadaan segar. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan antara 7 sampai 9 jam tidur. Setelah menentukan jumlah optimal tidur, usahakan agar waktu tidur dan waktu bangun tetap konsisten.

Atur alarm satu jam sebelum tidur
Atur alarm yang mengingatkan kamu untuk segera terputus dari hubungan tugas-tugas kantor, komputer, TV, dan aktivitas sibuk lainnya. Kamu bahkan bisa mempertimbangkan untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya pada waktu tertentu setiap malam.

Makan dengan bijak
Merupakan ide bagus untuk menjauh dari makan besar di malam hari. Sebaiknya kamu juga menghindari kafein dan alkohol. Jika kamu membutuhkan camilan sebelum tidur, pastikan untuk memadukannya dengan makanan yang mengandung tryptophan atau karbohidrat. Ini bisa membantu menenangkan otak dan membuat kamu tidur lebih baik.

Tetapkan rutinitas santai yang menenangkan
Setelah kamu terlepas dari semua kesibukan dan bersiap untuk tidur, penting untuk menenangkan otak terlebih dahulu. Ciptakan suasana yang nyaman dengan mematikan lampu atau melakukan aktivitas yang menenangkan.

Meditasi, peregangan yoga, mendengarkan musik yang menenangkan, dan membaca adalah pilihan yang baik. Begitu kamu memutuskan apa yang bisa membuatmu rileks, lakukanlah setiap malam.

Jadikanlah rutinitas tidur kamu sederhana, konsisten, dan santai. Semoga tips ini dapat membantu kamu membangun ritual yang menenangkan dan mengantarkan kamu pada tidur malam yang tenang.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan