Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 8, 2024
redaksi@topcareer.id
Skills.id

Memahami Macam-macam MC dan Perbedaannya dengan Public Speaking

https://www.freepik.com/

Skills.id – Apakah kamu tahu macam-macam pembawa acara (MC)? Atau tahukah kamu perbedaan antara MC dengan public speaking? Jika belum, maka di artikel ini kamu akan mengetahuinya! Karena salah satu pengajar (educator) di Skills.ID, yaitu Miss Via akan menjelaskan tentang macam-macam MC, seperti MC formal, semi formal, dan informal. Selain itu, persamaan dan perbedaan antara MC dengan public speaking juga akan di uraikan dalam artikel ini. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Menggeluti Hobi Hingga Menjadi Profesi yang Menjanjikan

MC formal adalah MC yang memandu acara-acara resmi yang menggunakan bahasa resmi atau baku dan agak sedikit kaku. Biasanya untuk MC formal ini semuanya base on the text. Jadi, kamu hanya tinggal membaca saja teks yang sudah disiapkan. Oleh karena itu, seorang MC formal wajib untuk menguasai teknik vokal yang baik dan harus jauh lebih menonjol daripada MC-MC lainnya.

Selain itu, penampilan sebagai seorang MC pun juga dinilai dari pakaian yang dikenakan, yaitu pakaian yang bersifat resmi. Dimana, acara yang membutuhkan MC formal ini, yaitu seperti acara kenegaraan, perkantoran, wedding, akad, dan acara sakral lainnya.

Ilustrasi: https://www.bridestory.com/

Ikuti juga: Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Tampil yang Memukau

Kemudian, ada MC semi formal yang berada di tengah-tengah antara MC formal dan informal. Dan tidak jarang, MC semi formal ini juga bisa dipadukan antara keduanya, dimana diawalnya formal, baru kemudian diakhiri dengan informal. Intinya, kamu harus bisa menyesuaikan, misalnya pakaian yang harus sesuai dengan tema acara, bahasa yang digunakan harus sesuai dengan acara, tidak terlalu baku tapi juga tidak terlalu santai.

Jadi, untuk MC semi formal ini, kamu diperbolehkan untuk melakukan improvisasi di waktu-waktu tertentu. Dan biasanya acara untuk MC semi formal ini, yaitu acara seminar, pelatihan, hari-hari besar yang dimana dibutuhkan waktu formal dan juga informal.

Sumber foto: Youtube Skills.id

Selanjutnya, yang terakhir adalah MC informal. MC informal, biasanya MC yang membawakan acara dengan lebih santai, temanya lebih casual, dan juga bahasa yang digunakan tidak terlalu baku ataupun menggunakan bahasa-bahasa yang sedang tren atau terkini. Dan yang paling diutamakan sebagai MC informal, yaitu kamu wajib untuk melakukan improvisasi.

Oleh karena itu, kamu juga diwajibkan untuk memahami banyak wawasan dan juga mengetahui update berita-berita terkini. Acara untuk MC informal ini, contohnya seperti acara bazar, ulang tahun, family gathering, dan acara-acara konser yang informal.

Ikuti juga: Teknik Ice Breaking, Pemberian Doorprize dan Improvisasi

Ilustrasi: https://m.tribunnews.com/

Lalu, apa sih perbedaan antara MC dengan public speaking? Public speaking dan MC tentu 2 hal yang berbeda. Public speaking adalah ilmu basic yang harus dimiliki oleh semua MC dan semua MC biasanya memiliki kemampuan ini.

Akan tetapi, jika MC adalah satu profesi yang didalami dari public speaking tersebut, maka biasanya MC sudah memiliki kemampuan (skill) yang baik untuk menjadi seorang MC, sehingga seorang MC tersebut tinggal mendalami ilmu public speakingnya dan menambahkan jam terbang mereka.

Ikuti juga: Teknik MC Formal/Semi Formal/Non Formal dan Teknik Cue Card

Public speaking dengan MC itu ilmunya agak-agak mirip, tapi kalau MC, ilmunya itu lebih spesifik dan juga lebih spesial. Karena memang, MC adalah tugasnya menghidupkan acara, membuat acara begitu meriah, sehingga mereka wajib untuk mempelajari teknik vokal, groomingbridging, dan ice breaking yang banyak, dengan begitu mereka harus menguasai lebih jauh dan lebih dalam lagi. Dan biasanya seorang MC itu wajib untuk memiliki pengetahuan yang luas dan juga selalu update akan isu-isu terkini.

Itulah penjelasan terkait MC atau pembawa acara dari pengajar (educator) di Skills.ID. Jika kamu ingin belajar lebih luas dan dalam lagi mengenai MC dan teknik-tekniknya, kamu bisa mengikuti workshopnya di Skills.ID

Ikuti juga: Master of Ceremony Workshop Package

Teknik Persiapan dan Solusi Setiap Masalah Sebelum dan Saat Event

Public Speaking Workshop

Leave a Reply