Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Cara Agar Selalu Awet Muda, Tak Perlu Tanam Benang

Ilustrasi (Dok. iStock)

Topcareer.id – Siapa yang tak ingin selalu tampil awet muda? Beragam upaya dilakukan agar penuaaan tak terjadi secara cepat, mulai dari obat-obatan, produk kecantikan wajah, dan lainnya. Namun, sebenarnya ada pilihan untuk awet muda tanpa produk tersebut. Nggak perlu tanam benang, misalnya.

Reader’s Digest berkonsultasi dengan para ahli dan menyusun beberapa studi terkait kebiasaan yang bisa bikin kamu awet muda.

1. Olahraga

Spesialis kesehatan keluarga, Benjamin Epstein, MD mengatakan, segala bentuk aktivitas fisik yang memacu napas serta denyut jantung bisa meningkatkan kesehatan jantung. “Latihan keseimbangan dan kekuatan mampu menjaga kesehatan tulang, menurunkan sakit artritis dan menurunkan risiko terjatuh,” kata Epstein.

Olahraga juga bermanfat bagi mental. Usahakan meluangkan waktu untuk aktivitas aerobik sekitar 30 menit lima kali seminggu, dengan 10 menit latihan kekuatan dan latihan keseimbangan dua hari seminggu.

Baca juga: 7 Resep Alami Cegah Penuaan Dini yang Bisa Kamu Coba

2. Makan banyak sayur

Ahli gizi teregistrasi Abby Sauer, MPH, RD mengatakan, banyak konsumsi buah, sayuran dan biji-bijian utuh bisa mendukung penuaan sehat karena menyediakan gizi penting bagi kesehatan otak dan tubuh.

“Makanan sehat tidak selalu tanaman. Bisa juga telur, produk susu rendah lemak dan makanan laut juga bisa berkontribusi terhadap nutrisi penting,” kata Sauer. Namun, banyak makan sayuran bukan berarti meninggalkan protein.  Sejumlah studi mengatakan protein sangat penting, terutama untuk menjaga massa otot seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Hati-hati! Kebiasaan Umum Ini Membuat Kamu Cepat Tua

3. Lakukan aktivitas di luar

Disarankan pula untuk memperbanyak aktivitas luar ruangan karena Vitamin D alias vitamin matahari bisa membantu menguatkan tulang dan melindungi melawan masalah terkait penuaan. Namun, tidak lupa untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kita bisa melindungi kulit dari penuaan dini dengan menggunakan pakaian tertutup dan menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30. AAD merekomendasikan mencuci wajah dua kali sehari dan mengaplikasikan pelembap untuk menjaga kulit tetap tampak muda.

4. Tetap terhidrasi

Seiring bertambahnya usia, efisiensi kerja ginjal akan semakin berkurang sehingga sensitivitas kita terhadap rasa haus bisa terus berkurang. Inilah mengapa orang-orang tua lebih rentan terhadap dehidrasi.

Dalam siklus tertentu, dehidrasi bisa mengganggu fungsi sistem penting dalam tubuh dan menyebabkan demensia, seperti gejala kebingungan. Karena itu, penting untuk kita terus terhidrasi.

“Air sangat penting karena mengisi sekitar 60 persen berat badan orang dewasa dan tubuh kita membutuhkan air untuk menjalankan fungsi penting tubuh, seperti meregulasi suhu tubuh, menjaga kulit dan sendi tetap sehat, mencerna makanan, dan melancarkan pembuangan kotoran,” kata Sauer.

5.  Kurangi stres

Kita tahu bahwa stres itu buruk untuk kesehatan. Ini mendatangkan malapetaka pada pola tidur, menyebabkan masalah pencernaan, memicu depresi, meningkatkan risiko penyakit jantung dan ketegangan hubungan.

Sekarang para peneliti percaya bahwa stres benar-benar dapat memiliki efek pada DNA dan mencegah sel kita berkembang. Para ahli merekomendasikan meditasi sebagai cara untuk mengelola stres, serta olahraga. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply