Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ponselmu 7 Kali Lebih Kotor daripada Tempat Duduk Toilet

Ilustrasi Smartphone (pixabay)

Topcareer.id – Berdasar temuan dari sebuah studi, rata-rata ponsel yang kamu pegang sehari-hari hampir tujuh kali lebih kotor daripada tempat duduk toilet. Apalagi smartphone yang menggunakan casing kulit yang punya bakteri terbanyak.

Bahkan smartphone di casing plastik bersih memiliki lebih dari enam kali kuman yang ditemukan di kursi toilet. Meski demikian, sebuah survei menemukan bahwa dua dari lima pekerja kantor membawa ponsel ke kamar mandi tempat kerja mereka.

Initial Washroom Hygiene mengambil sampel sekaan dari smartphone menggunakan perangkat genggam yang menerangi mikroba hidup di mana mereka muncul di permukaan. Kursi toilet yang dipindai dengan cara ini menunjukkan 220 titik terang di mana bakteri mengintai tetapi rata-rata ponsel memiliki 1.479.

Baca juga: Perangkat Penunjang Smartphone yang Aman untuk Travel

Profesor Hugh Pennington, profesor bakteriologi emeritus di University of Aberdeen mengatakan, menyeka  smartphone hampir seperti memeriksa saputangan untuk mencari kuman.

“Akan ada norovirus di ponsel pada saat ini tetapi bakteri pada smartphone mungkin akan menjadi bakteri yang menempel pada orang itu sendiri (si pemilik) sehingga kemungkinan menularkan penyakit rendah. Namun, tidak disarankan untuk mengedarkan smartphone pada orang-orang,” kata Profesor Hugh dalam Daily Mail Online.

Jenis bakteri di smartphone

Para ahli percaya ponsel menjadi sangat kotor karena dibawa ke kamar mandi, sehingga terpapar kuman yang sama dengan toilet dan tempat duduk.

Pada tahun 2011 para ilmuwan di London School of Hygiene & Tropical Medicine menemukan satu dari enam ponsel terkontaminasi dengan kotoran, termasuk serangga E. coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan gangguan perut.

Baca juga: Cara Atasi Kecanduan Smartphone

Studi terbaru melihat 50 ponsel, merekam pembacaan bakteri tertinggi untuk smartphone dalam wadah kulit, yang juga sebuah dompet, dan menunjukkan hampir 17 kali jumlah bakteri di kursi toilet.

Sebuah survei terhadap 2.000 orang oleh Initial Washroom Hygiene menemukan 40 persen orang mengaku menggunakan smartphone mereka saat di kamar mandi di tempat kerja. Tetapi hanya 20 persen yang membersihkan ponsel mereka setelah membawanya ke toilet. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply