Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Tata Cara, Biaya dan Trik Berpakaian Saat Membuat Paspor

Paspor Indonesia. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Kamu hendak berpergian ke luar negeri, namun belum memiliki paspor? Nah, informasi ini penting banget nih kamu ketahui karena artikel kali ini akan menjelaskan tata cara membuat paspor sampai pakaian apa yang harus kamu kenakan ketika membuat paspor.

Untuk membuat paspor, langkah pertama kamu harus menyiapkan dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan akta kelahiran. Jika kamu tidak memiliki akta kelahiran, kamu bisa menyertakan ijazah maupun akta nikah, ya.

Kedua dapatkan nomor antrian di kantor imigrasi yang dekat dengan rumah kamu melalui aplikasi antrian paspor ataupun layanan antrian via Whatsapp maupun website.

Baca juga: Bahaya Berbagi Informasi Gaji dengan Rekan Kerja

Ketiga, setelah kamu mendapat antrian, kamu akan diberitahukan jadwal untuk menyerahkan dokumen serta melakukan sesi wawancara, foto dan pengambilan data biometrik. Jangan datang terlambat yah.

Keempat, kamu harus melakukan pembayaran paspor di Bank ataupun kantor pos terdekat.

Terakhir, tinggal ambil paspor kamu di kantor imigrasi 3 hari setelah melakukan pembayaran ya. Nah, jika kamu sibuk dan tidak sempat mengambil paspor, tenang karena beberapa kantor imigrasi kini bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam melakukan pembayaran dan pengiriman paspor. Jadi paspor kamu bisa langsung dikirim ke rumah kamu ketika sudah selesai.

Baca juga: Rekan Kerja Jadi Bos? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Untuk membuat paspor ini, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 350.000 untuk paspor biasa dengan ketebalan 48 halaman dan Rp 650.000 untuk paspor elektronik.

Nah, sekarang sudah tau belum pakaian seperti apa yang harus kenakan ketika sesi wawancara dan foto paspor?

Dikutip dari Instagram @ditjen_imigrasi, kamu diharuskan memakai baju berkerah yang rapi dan menggunakan celana panjang atau rok formal. Tapi tidak disarankan menggunakan baju berwarna putih ya. Kamu juga harus menggunakan sepatu lho ketika masuk ke kantor imigrasi. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply