Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Punya Rekan Kerja Tidak Bisa Dipercaya? Begini Menghadapinya

Ilustrasi. Sumber foto: aspennassociatesgroup.comIlustrasi. Sumber foto: aspennassociatesgroup.com

Topcareer.id – Dalam dunia kerja yang kompetitif kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan rekan kerja yang tidak bisa dipercaya. Akan sangat ada kemungkinan mereka akan menggunakan triknya agar bisa membuatmu dipecat.

Mulai dari mencuri ide kamu, mengkhianati atau meremehkanmu.

Diperlukan strategi untuk membantumu mengelola orang-orang semacam ini sebelum luka emosional karena berurusan dengan mereka mulai terbentuk dan menyebabkan kamu stres, kelelahan hingga depresi.

Dikutip dari areeraddict.com, Senin (23/12/2019), berikut strategi yang bisa kamu gunakan untuk membantu melindungi diri dari tindakan mereka.

Baca juga: Bahaya Berbagi Informasi Gaji dengan Rekan Kerja

Bangun sekutu
Penting bagi kamu untuk memoles citra kamu sendiri di departemenmu. Cari feedback positif dari atasan tentang kualitas pekerjaanmu. Feedback seperti ini akan memperkuat upaya kamu untuk menjadikan dirimu yang terbaik. Jika kamu berada dalam posisi yang tidak menguntungkan memiliki atasan yang berpihak pada rekan kerja yang tidak dapat dipercaya, kamu mungkin perlu membangun sekutu dengan departemen HRD.

Selalu siap dan waspada
Kamu harus selalu waspada dan bersikap defensif dengan rekan kerja yang tidak dapat dipercaya. Mereka mungkin semua baik-baik saja saat mereka bersamamu, tetapi jangan tertipu.

Simpan ide untuk diri sendiri
Belajarlah untuk tutup mulut dan mengelak dalam percakapan dengan rekan kerja yang tidak bisa dipercaya. Simpan ide-ide brilian itu untuk diri sendiri tidak peduli seberapa antusias yang kamu rasakan. Kita semua menjadi emosional saat memiliki ide brilian dan kita semua bisa terbawa suasana.

Baca juga: Konflik dengan Rekan Kerja? Ini 5 Cara Mengatasinya

Bersikap positif dan tegas
Jika kamu menemukan dirimu adalah korban dari kebohongan rekan kerja, usahakan untuk tetap tenang meskipun fakta bahwa kemarahan mengancam untuk meledak. Kamu tidak perlu melakukan serangan balik pada rekan kerja, sikap profesional dan sikap tenangmu akan menjadi senjatamu di sini.

Hindari sharing kehidupan pribadi
Meskipun godaan untuk memperoleh simpati hangat saat kamu memiliki masalah, tetap berhati-hatilah untuk menjangkau rekan kerja yang tidak bisa dipercaya. Paling tidak, pilih orang kepercayaan dengan hati-hati. Anggukan simpatik rekan yang tidak bisa dipercaya tidak sebanding dengan risiko yang bisa merusak kredibilitas kamu.

Fakta adalah teman sejatimu
Jika kamu ‘menutup mata’ terhadap ketidakakuratan atau kesalahan, kamu akan terlibat dalam kebiasaan tersebut. Jadi, kamu perlu mengungkap kesalahan dalam cahaya dingin fakta keras.

Simpan catatan
Jika kamu ingin mengalahkan rekan kerja yang tidak dapat dipercaya dalam permainan mereka, penting bagi kamu untuk mulai mendapatkan tugas, laporan, dll secara tertulis. Dengan cara ini, kamu memiliki bukti tentang apa yang telah dilakukan atau tidak dilakukan, dan oleh siapa. Memiliki jejak catatan buisa dijadikan sebagai bukti dari apa yang telah disepakati. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply