Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Liburan Boros? Tentu Tidak Jika Kamu Lakukan Hal Ini

Ilustrasi (dok. REUTERS/Mark Makela)

Topcareer.id – Mengatur keuangan saat liburan memang gampang-gampang susah. Supaya kantong kamu nggak jebol karena membelanjakan uang tanpa pertimbangan selama liburan, kamu harus mengetahui strateginya.

Liburan memang selalu identik dengan menghambur-hamburkan uang. Walau memang kamu sudah menabung budget khusus liburan, tetapi pada prakteknya seringkali uang tabungan habis sebelum waktunya dan kamu terpaksa menggunakan budget tambahan.

Mengutip Bankrate.com, Kamis (26/12/2019), berikut tips untuk menghemat uang saat liburan.

Baca juga: Tips Kerja dari Luar Kantor di Saat Liburan

Putuskan berapa banyak yang akan kamu belanjakan
Kebanyakan orang melakukan kesalahan pengaturan keuangan saat liburan. Hal pertama yang mereka lakukan adalah membuat daftar orang (untuk dibelikan oleh-oleh). Ditambah lagi orang liburan biasanya mengabaikan tambahan kecil ketika mereka menyusun anggaran. Sebaiknya buat perhitungan dengan detail hingga pengeluaran tak terduga.

Buat daftar dan periksa
Berbekal perhitungan anggaran, periksalah daftar yang telah kamu buat dan putuskan berapa banyak yang bisa kamu habiskan untuk masing-masing. Jika budget tidak mencukupi coret daftar yang memberatkan. Fokuslah pada jumlah yang akan kamu belanjakan, bukan pada apa yang akan kamu beli.

Bayar tunai
Sebisa mungkin selama liburan gunakan uang tunai sebagai metode pembayaran. Hindari menggunakan kartu kredit kecuali terpaksa. Jika menggunakan kartu kredit, pilih kartu dengan bunga terendah. Hal ini bertujuan untuk menekan pembelian yang tanpa pertimbangan, dan setelah liburan kamu terhindar dari tagihan yang menumpuk.

Baca juga: Kehilangan Motivasi Kerja usai Liburan? Pulihkan lewat Cara Ini

Buat juga anggaran waktu
Liburan dengan aktivitas tanpa perhitungan waktu bisa membuat kamu kehabisan waktu untuk memperoleh semua hal yang sudah kamu rencanakan. Saat kamu sudah tidak punya waktu atau kepepet akan ada saja hal yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya lebih. Ingat, menghemat waktu juga bisa menghemat uang.

Hat-hati dengan sale
Holiday sale bisa menjadi peluang hebat untuk menghemat uang, tetapi berhati-hatilah. Tidak semua transaksi dibuat sama, dan beberapa bahkan mungkin tidak benar-benar didiskon, karena beberapa toko menjual barang dengan harga tetap sama, hanya barangnya ditandai dengan tanda “SALE”. Selalu lakukan perbandingan toko dan harga sebelum belanja saat liburan.

Tahu kapan harus berhenti
Ketika daftar kamu terpenuhi dan kamu telah memeriksanya dua kali, saatnya untuk berhenti berbelanja. Ketahui kapan kamu selesai, dan jangan mampir ke mal dengan alasan hanya untuk melihat-lihat, ini bisa menyebabkan kamu melakukan pembelian yang tidak terencana dan membuat anggaran membengkak. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply