Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Hal yang Bikin Kamu Selalu Gagal Dapat Pekerjaan Baru (bag. 1)

Ilustrasi. (Dok, Jobhouse)

Topcareer.id – Kamu sudah membangun jaringan relasi, selalu memperbarui CV, mengirim surat lamaran berkali-kali, tapi tetap belum mendapat pekerjaan baru. Apa Penyebabnya?

Menurut survei CareerBuilder.com, 47 persen pekerja mengatakan, kualifikasi yang ditentukan perusahaan faktor terbesar yang membuat mereka gagal mendapat pekerjaan. Apa benar kualifikasi perusahaan yang terlalu tinggilah biang keladi?

Bisa jadi kesalahan itu terdapat pada diri kamu dan tidak disadari. Coba perhatikan 10 kesalahan yang membuat orang sering ditolak perusahaan saat melamar pekerjaan. Apakah kmau melakukan salah satunya?

Baca juga: Tips Selesaikan Pekerjaan Meski sedang Bad Mood

1.Berbohong
Secuil saja kebohongan yang kamu lakukan dalam pencarian kerja, termasuk dalam membuat CV, lamaran, atau apa yang dikatakan saat wawancara kerja, akan menjadi bumerang bagi pencarian kerja dan menjadi kesalahan fatal saat kebohongan itu diketahui.

Pastikan semua yang kamu tulis dan katakan dalam proses lamaran kerja sesuai kenyataan. Daripada berbohong demi menutupi kekurangan, lebih baik fokus untuk mencari kelebihan dan pengalaman berharga yang kamu punya.

2. Menjelek-jelekan pekerjaan lama
Seburuk apa pun perusahaan atau atasan yang pernah kamu miliki, jangan sampai terpancing untuk menjelek-jelekannya di depan orang lain, apalagi saat wawancara kerja. Membeberkan kejelekan seperti itu akan membangun citra negatif pada diri kamu. Lebih baik ungkapkan lingkungan pekerjaan dan atasan seperti apa yang kamu inginkan.

Baca juga: Sadarkah Kamu 10 Tahun Lalu Pekerjaan Ini Nggak Ada

3. Tak setia
Penerima kerja tentu tak ingin bersusah-susah mencari karyawan setiap tahun. Karena itu, di samping mencari orang yang memiliki kemampuan tertentu, mereka mencari orang yang berpotensi akan bertahan lama. Predikat “si kutu loncat” karena kamu kerap berpindah-pindah pekerjaan sebelumnya, itu mungkin yang menjadi ganjalan.

4. Cacat di jejaring sosial
Laman jejaring sosial dan pencarian secara online menjadi salah satu cara yang digunakan pencari kerja untuk memeriksa pelamar. Apakah kamu memasang kalimat-kalimat bernada negatif sebagai status, atau memasang foto-foto konten lain yang mengandung unsur pornografi dan SARA? Jika iya, jangan harap mereka akan menghubungi kamu lagi.

5. Tidak menjawab pertanyaan dengan baik
Tahap seleksi administrasi mungkin berkali-kali Kamu lewati. Tapi setelah wawancara kerja, kamu tak dapat panggilan lagi. Berarti masalahnya ada pada performa saat wawancara. Kemungkinan besar kamu tidak menguasai materi wawancara atau terserang rasa canggung.

Untuk mengatasinya, buat persiapan sebelum wawancara. Cari informasi tentang perusahaan yang kamu lamar sebanyak mungkin. Belajarlah bicara santai, tidak berbelit-belit, dan penuh percaya diri. * Diolah dari berbagai sumber.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply