Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Pekerjaan untuk yang Hobi Online 24 Jam

Ilustrasi. Sumber foto: empowher.comIlustrasi. Sumber foto: empowher.com

Topcareer.id – Kamu penggila internet dan hampir selalu online selama 24 jam dan 7 hari seminggu? Hmm, kriterianya mungkin seperti ini: kamu update dengan segala berita maupun kabar viral di internet, dan memiliki akun di setiap situs jejaring sosial internet.

Semangat kamu terpacu setiap kali menyalakan komputer, sambil memegang segelas kopi, dan siap begadang untuk online sampai pagi. Kamu baru tidur karena tidak bisa online dalam beberapa jam. Oh, ada lagi, tempat menikmati hotspot dan WiFi terbaik di kota, pasti pernah kamu sambangi.

Apakah kamu memenuhi kriteria di atas? Apakah kamu orang yang akan gelisah dan tak bersemangat jika pekerjaan mengharuskan kamu berjauhan dari kegiatan di dunia maya?

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini saat Mulai Bisnis Online

Kalau begitu, pekerjaan yang jauh dari internet bukan kehidupan yang menyenangkan untuk kamu. Bisa dibilang, kamu akan lebih bahagia bekerja dan dibayar untuk online. Adakah pekerjaan seperti ini? Tentu ada. Pekerjaan bergengsi dan menjanjikan berikut bisa menjadi penyaluran atas kegemaran online kamu.

1.Branding Consultant
Setiap perusahaan dan organisasi, bahkan individu membutuhkan brand atau merek atau pencitraan diri sebagai identitas. Seorang branding consultant ditugaskan mengidentifikasi brand atau merek atau imej seperti apa yang dibutuhkan sebuah perusahaan atau organisasi.

Juga, bagaimana membuat merek atau nama sebuah produk bisa diterima masyarakat, konsisten, dan menjadi yang terkuat dari produk sejenis. Bagaimana mengetahui reaksi pasar terhadap merek sebuah produk, salah satu metode survei konsumen dilakukan secara online. Jika kamu penggila internet, pasti tak keberatan menyelidiki konsumen melalui dunia maya demi membangun citra perusahaan yang mantap.

2. Public Relations
Dunia public relations atau humas mengharuskan seseorang terus berhubungan baik dengan semua klien di sebuah institusi atau perusahaan. Selain berhubungan langsung lewat tatap muka di dunia nyata, menjaga hubungan baik dengan klien juga bisa dilakukan di dunia maya. Bisa melalui jejaring sosial, juga memanfaatkan fasilitas surel untuk surat-menyurat dalam memberi informasi kepada publik atau klien.

Selain itu, kesibukan online juga salah satu sarana memonitor bagaimana reaksi publik, kritik, dan setiap respons yang masuk.

Baca juga: Ponselmu 7 Kali Lebih Kotor daripada Tempat Duduk Toilet

3. Social Media Specialist
Pekerjaan ini berkesinambungan dengan public relations dan branding consultant. Para konsultan media sosial ini menangani pembaruan konten media pemasaran, memonitor feedback atau masukan dari konsumen, dan membuat segala publikasi untuk pemasaran perusahaan.

Di kebanyakan perusahaan, pekerjaan ini salah satu posisi paling sibuk dan paling tinggi intentitas penggunaan internetnya. Yang paling penting, seorang social media specialist harus bisa terus menemukan cara baru mengikat konsumen secara online, melalui semua situs jejaring sosial.

4. Reporter situs berita
Mencari dan memberitakan kabar-kabar terbaru merupakan tugas pokok seorang reporter atau pencari berita. Selain mencari berita dengan liputan langsung turun ke lapangan, laman-laman berita online menjadi salah satu sumber berita.

Karenanya, seorang reporter tak boleh lepas memantau berita secara online. Selain itu, internet juga menjadi sumber tambahan informasi dalam menulis sebuah artikel.

5. Web Designer
Mendesain layout dan konten sebuah laman internet menjadi pekerjaan inti seorang web designer. Untuk membuat sebuah laman yang bagus dan sesuai konten, selain dibutuhkan kemampuan desain layout, juga survei dan inspirasi dari berbagai laman yang sudah tersedia. Tak perlu diragukan lagi, pekerjaan ini mengharuskan seseorang banyak-banyak menyelam di dunia maya. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply