- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Kunci Sukses Press Conference yang Bisa Kamu Praktekkan

Ilustrasi. (dok. From Sweden Productions)

Topcareer.id – Press conference atau jumpa pers membutuhkan banyak persiapan dan pekerjaan staf. Waktu pelaksanaan bisa dihabiskan dengan baik jika press conference dipersiapkan dengan baik.

Jika kamu bekerja sebagai satf event organizer atau public relation tentu paham press conference yang sukses adalah yang didatangi semua media yang diundang dan setelahnya acara kamu dapat liputan yang positif di media masing-masing.

Lalu bagaimana cara menyiapkan press conference agar dapat berlangsung hebat? Dikutip dari Thebalancesmb.com, Selasa (31/12/2019), berikut daftar hal yang harus dipersiapkan sebelum press conference.

Baca juga: Tips Bikin Siaran Pers untuk Public Relation yang Laku Dilirik Media

Pengaturan waktu
Pilih waktu yang sesuai untuk media. Jika terlalu dini, wartawan akan kesulitan untuk tiba di sana. Pertengahan pagi hingga siang itu baik. Beri waktu dan peringatan sebelum press conference berlangsung agar media bisa memetakan dan merencanakan di mana kamera dan reporter mereka akan berada.

Lokasi
Ambil lokasi yang dekat dengan pemutar media utama, tempat juga harus memiliki visual yang baik dan cukup terang. Lokasi outdoor kadang baik-baik saja jika topiknya berkaitan dengan alam terbuka atau lingkungan. Tapi ingat, ini memiliki risiko seperti hujan. Indoor biasanya yang terbaik.

Panjang acara
Cobalah untuk menghindari pidato berturut-turut dari tiap tayangan slide PowerPoint. Reporter ingin mendengar sedikit tentang berita, lalu bertanya. Mereka benci duduk terlalu lama sebelum masuk sesi pertanyaan. Sampaikan hal penting yang harus dikatakan, lalu buka sesi tanya jawab.

Baca juga: 5 Pekerjaan untuk yang Hobi Online 24 Jam

Press release
Reporter menginginkan dokumen tentang press conference, karena ini akan sangat membantu mereka menulis berita. Siapkan dokumen press release untuk dibagikan, gunakan email jika ada wartawan yang mungkin tidak sempat hadir namun ingin menuliskan beritanya.

Persiapan akhir
Buat daftar kemungkinan pertanyaan dan siapkan jawaban kamu nantinya. Lakukan gladi resik, latihan mengatur alur acara, tentukan siapa yang akan membuka pembicaraan, siapa pembawa acaranya, dan siapa yang terbaik untuk menjawab pertanyaan tertentu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply