Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cek Manfaat Mencengangkan dari 2 Apel Sehari!

Topcareer.id – studi terbaru American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa makan dua apel setiap hari dapat menurunkan kolesterol darah, serta membantu mencegah serangan jantung atau stroke.

Untuk sampai pada kesimpulan mereka, para peneliti dari Edmund Mach Foundation di Italia mengamati 40 orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol sedikit tinggi tetapi dinyatakan sehat selama periode tes delapan minggu.

Separuh dari kelompok itu diminta makan dua apel sehari, sementara separuh lainnya diberi minuman jus apel yang mengandung jumlah gula dalam dua apel.

Kedua kelompok diminta untuk mencatat semua yang mereka makan dan minum, serta menghindari membuat perubahan dalam diet, olahraga, obat-obatan, dan gaya hidup yang selama ini mereka jalani.

Setelah istirahat beberapa minggu, kelompok-kelompok itu beralih, dan para peserta yang sebelumnya mengonsumsi buah utuh diberi jus apel sebagai gantinya.

Studi ini menemukan bahwa ketika partisipan makan dua apel segar sehari, mereka memiliki kolesterol darah yang lebih rendah daripada ketika mereka minum jus apel.

Baca juga: Makan 2 Buah Kiwi Setiap Hari, Ini Manfaatnya!

Hasil studi di atas mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa senyawa dalam buah utuh, khususnya serat, memiliki peran yang menjanjikan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Apel ternyata kaya akan pektin, sejenis serat makanan tertentu yang memengaruhi metabolisme lemak di tubuh.

Pectin, bersama dengan jenis serat lainnya, adalah sumber makanan yang baik untuk bakteri sehat dalam usus manusia yang dikenal sebagai microbiome. Hal ini telah dikaitkan dengan segala hal mulai dari penurunan berat badan, hingga kesehatan mental.

Apel adalah salah satu sumber makanan pektin terbaik, bersama dengan jeruk, wortel, dan buah persik. Bersamaan dengan serat, apel juga merupakan sumber polifenol yang baik.

Baca juga: Apa Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga?

Apel merupakan sumber senyawa antioksidan dalam makanan nabati yang berhubungan dengan kesehatan yang lebih baik, termasuk risiko lebih rendah dari sebagian besar penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Menariknya, hasilnya juga menunjukkan perempuan mungkin lebih rentan terhadap manfaat penurunan kolesterol dari apel daripada laki-laki.

Tetapi, penelitian ini tidak dirancang untuk membandingkan hasil berdasarkan jenis kelamin, sehingga terlalu dini untuk menarik kesimpulan yang terkait dengan gender.

Yuk, makan apel.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply