- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Hal yang Harus Diingat saat Pertama Kali Kerja

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Mendapatkan pekerjaan untuk pertama kalinya bisa saja menjadi masalah, karena kamu sama sekali baru masuk ke dunia yang berbeda.

Akan ada banyak perbedaan dari kehidupan sekolah dan kerja. Kamu juga harus ingat beberapa hal penting saat pertama kali bekerja.

Dikutip dari myamcat.com, Jumat (03/01/2020), berikut 5 hal penting yang harus selalu ada dalam pikiranmu saat pertama kali mendapat pekerjaan.

Tidak mungkin untuk menjadi sempurna
Meskipun fakta ini mengecewakan, sudah saatnya kamu menerimanya. Pekerjaanmu tidak akan menjadi pekerjaan sempurna yang kamu impikan. Tapi itu bukan berarti tidak sepadan.

Bagaimana kamu merespons situasi yang dihadapi akan membentuk dirimu dan membuatmu menyadari banyak hal. Anggap saja pekerjaan pertamamu sebagai tempat uji coba. Kesuksesan tidak pernah mudah bagi siapa pun.

Kamu bisa mempelajari segalanya dan mungkin tidak belajar apa-apa
Memulai pekerjaan tanpa harapan apa pun sangat penting. Mari hadapi, pekerjaan pertamamu mungkin saja berakhir di bidang yang tidak pernah kamu kuasai, atau justru yang paling kamu kuasai.

Tak ada cara untuk menemukan itu kecuali kamu berhenti membebani kepalamu dengan pikiran dan harapan yang berlebihan.

Baca juga: Ingin Bisnis Tapi Belum Punya Uang? Begini Caranya

Kamu harus memberikan semuanya
Cara untuk memanfaatkan pekerjaan pertama dengan baik adalah dengan memberikan semuanya. Saat kamu terbiasa memberi dirimu seoptimal mungkin, dengan sendirinya akan datang ide-ide dalam dirimu untuk maju.

Biarkan dirimu bekerja untuk dirimu sebaik mungkin
Pekerjaan pertama tidak akan selalu berjalan sesuai keinginanmu. Kamu akan memiliki perbedaan pendapat, tidak diperhatikan, atau ide kamu diinjak-injak. Tetapi yang akan membuat kamu dihormati adalah kualitas pekerjaanmu.

Pekerjaan pertama akan menjadi pekerjaan realisasi
Pekerjaan pertama mungkin tidak selalu mengajarkan semua yang kamu butuhkan, tetapi apa yang akan diberikannya kepadamu adalah realisasi.

Kamu akan menyadari pentingnya ketepatan waktu, betapa hebat rasanya menjadi mandiri secara finansial dan kamu jadi bisa menganalisis kekuatan dan kelemahanmu.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply