Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Alasan Kenapa Resume Super Penting untuk Melamar Kerja

Sumber foto: GlassdoorSumber foto: Glassdoor

Topcareer.id – Pernah enggak sih kamu bertanya kenapa melamar kerja itu harus pakai resume atau curriculum vitae? Jawaban umumnya, karena resume adalah gerbang pembuka antara kamu dan perusahaan dalam hal perekrutan.

Sebenarnya, bukan hanya itu alasannya kenapa resume begitu dibutuhkan dalam melamar kerja. The Ladders merangkum 5 alasan lainnya. Cek di bawah ini:

1. Perekrut cinta resume

Resume adalah dokumen yang memberi tahu perekrut mengenai tingkat pengalaman dan keahlian apa saja yang dapat kamu berikan untuk perusahaan. Menampilkan resume akan mengarah pada keberhasilan pencarian kerja.

2. Resume adalah iklanmu

“Resume kamu adalah iklan profesional, yang ditargetkan kepada bosmu di masa depan, dengan tujuan mendapatkan wawancara untuk pekerjaan yang berhasil kamu lewati,” kata Marc Cenedella, Ladders Resume Guide 2020.

Baca juga: Menyiapkan Resume Agar Dilirik Amazon dan Google

3. Resume sebagai kesan pertamamu

Jika kamu benar-benar percaya dan memahami anggapan soal first impression, maka kamu akan mengerti mengapa kamu perlu mengandalkan resume untuk mewakilimu dan bekerja untukmu.

4. Resume bukan kisah hidupmu

Tidak ada yang menceritakan kisah kehidupan brand dalam iklan. Mereka menjual manfaat dari apa yang dapat dilakukan brand itu bagi orang yang melihatnya.

Dalam hal ini, brandmu adalah dirimu sendiri. Jadi jika kamu dapat menjual keahlianmu, bukan menggambarkan tugasmu, kamu akan memiliki resume yang baik dan akan menarik perhatian perekrut.

5. Resume untuk menghormati perekrut

Bayangkan menyaring ratusan resume setiap hari. Seperti masyarakat yang dibanjiri iklan, perekrut hanya ingin mengetahui manfaat dari branding dirimu. Karena itu, resume yang baik dan tak memusingkan bisa jadi cara untuk menghormati perekrutmu.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply