Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berapa Dosis Vitamin C yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari?

Vitamin C. (dok. Dailypost.ng)

Topcareer.id – Vitamin C merupakan vitamin yang mutlak diperlukan oleh tubuh, karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Selain mengandung anti oksidan sebagai penangkal radikal bebas, vitamin C juga dapat meningkatkan system imun dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh lebih terjaga.

Namun belakangan ini vitamin C menjadi sebuah tren atau gaya hidup terutama warga kota yang penuh dengan kesibukan dan padatnya jadwal kerja mereka.

Bagi warga perkotaan, vitamin C merupakan kebutuhan yang mutlak, karena banyak radikal bebas dari asap kendaraan, rokok, ataupun freon dari AC. Semua itu bisa membuat tubuh rentan terhadap berbagai macam gangguan kesehatan.

Baca juga: 5 Tanda Sistem Imun Sedang Lemah

Daya tahan gampang menurun dan serangan radikal bebas membuat sel-sel tubuh mudah rusak dan tak mampu berfungsi dengan baik. Salah satu akibat dari proses kerusakan secara cepat adalah penuaan kulit lebih dini.

Dosis vitamin C

Dosis konsumsi vitamin C yang ideal adalah 75 mg per hari. Perempuan hamil dan ibu menyusui sudah tentu harus mengonsumsinya lebih besar dari jumlah tadi. Ada juga yang berpendapat cukup mengonsumsi 200 mg sehari.

Bagi orang yang hidup dengan stres atau mereka yang tinggal di kota besar yang penuh dengan polusi seperti Jakarta, dosis 500 mg adalah dosis yang cukup.

Baca juga: Camkan, Ini 6 Penyebab Wajah Nampak Lebih Tua

Tidak semua orang sadar dan mau mengonsumsi makanan sehat seimbang. Padahal, kebiasaan itu secara tidak langsung menjamin pasokan zat gizi , mineral, dan vitamin dalam tubuh secara memadai. Vitamin C banyak dapat kita temui di kehidupan kita sehari-hari, seperti sayuran dan buah-buahan.

Kecukupan vitamin C akan membantu pembentukan kolagen atau senyawa berisi asam amino mirip lem pengikat sel. Zat perekat ini menjadi bagian susunan utamma jaringan penghubung seperti kulit, tulang dan ikatan sendi tulang.

Kolagen juga menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit berkat bantuan vitamin C, juga untuk mendukung berlangsungnya proses yang memungkinkan molekul mencapai bentuk terbaiknya. Oleh karena itu, para ahli menyarankan kita untuk mengonsumsi vitamin C setiap hari. * Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply