Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini 5 Cara Menyelamatkan Bumi di Kantor

Ilustrasi. (dok. Inhabitat)

Topcareer.id – Apakah kamu pencinta lingkungan yang ingin menjaga bumi? Tidak peru repot-repot demo menuntut perbaikan kualitas udara, efek rumah kaca, atau pemanasan global. Di kantorpun kamu bisa membuat kebaikan untuk menyelamatkan bumi ini.

Bayangkan jika kamu mencoba melakukan sedikit perubahan di kantor mulai dari diri sendiri. Kemudian apa yang kamu lakukan diikuti oleh seluruh departemen. Bukankah itu akan membuat lingkungan menjadi lebih baik?

Lalu harus mulai dari mana, ya? Dilansir dari Themuse.com, Kamis (19/12/2019) berikut cara untuk memerangi pencemaran lingkungan yang bisa dilakukan di kantor.

Baca juga: Ini Cara Untuk Meningkatkan Skill Menulis

Hindari barang sekali pakai
Cobalah untuk menghindari barang sekali pakai, terutama plastik. Cobalah untuk tidak memakai botol plastik dalam setiap kegiatan. Kamu mungkin bisa mendorong perusahaan agar membeli dispenser dan menggunakan gelas atau botol minum disetiap kegiatan. Selain itu kamu saat mengeprint sesuatu cobalah untuk mencetaknya pada 2 sisi kertas ya!

Menghemat energi
Jika hendak pulang bekerja sebaiknya periksa dulu apakah komputer, AC dan lampu sudah dimatikan. Hal itu dapat memberikan dampak besar terhadap bumi dan juga akan mengurangi tagihan listrik perusahaan. win-win solution bukan?

Kurangi makan daging ternak
Sebanyak 42% dari emisi gas berasal dari peternakan hewan lho, jadi sebaiknya kurangi mengkonsumsi daging ternak, ya. Bukan berarti kamu meminta kantin di kantor menyediakan menu vegetarian setiap hari. Kamu mungkin bisa menyarankan menu 1 hari tanpa daging setiap minggunya. Atau setiap kegiatan usahakan memesan makanan vegetarian ya, selain hemat itu juga menyehatkan badan.

Baca juga: Pengaruh Lingkungan Kantor pada Produktivitas Karyawan

Kurangi perjalanan bisnis
Pada 2018,perjalanan menggunakan transportasi udara menghasilkan 918 juta metrik ton emisi karbon dioksida dan mengalami peningkatan 32% selama lima tahun terakhir. Salah satu cara untuk mengurangi pencemaran ini adalah meminimalisir perjalanan bisnis.

Di era digital saat ini kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang memundahkan kamu berkomunikasi dan mengecek dokumen jarak jauh. Kamu juga bisa mengajak teman-teman berkendara ke kantor menggunakan kendaraan umum. Ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi.

Hias meja dengan tanaman kecil
Menghias meja dengan tanaman tidak hanya akan memperbaiki lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas lho. Cobalah berbicara dengan departemen operasi gedung tentang menambahkan lebih banyak pohon di lahan perusahaan.

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply