Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

6 Ciri yang Dimiliki Sekretaris Hebat

Ilustrasi. (dok. New Republic)

Topcareer.id – Peran seorang sekretaris dalam manajemen suatu perusahaan dapat menjadi kunci untuk berfungsinya organisasi secara efisien.

Untuk menjadi sekretaris yang hebat wajib memiliki beberapa kualitas, keterampilan, dan pengetahuan yang harus ditunjukkan oleh mereka yang menjalankan peran ini.

Seperti dikutip dari Randstad.com.sg, Senin (06/01/2020), seorang sekretaris hebat memiliki karakteristik seperti berikut ini.

Baca juga: Tren Media Sosial yang Perlu Diketahui di 2020

1.Keterampilan komunikasi
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan bos dan orang penting, menjadi titik kontak pertama bagi klien, stakeholders, dan mitra bisnis. Memiliki keterampilan komunikasi yang profesional, jelas, dan efektif serta memberi kesan positif pada bos dan perusahaan.

2. Pengetahuan organisasi
Pemahaman yang mendalam tentang cara kerja internal perusahaan, memungkinkan seorang sekretaris yang hebat untuk mengetahui siapa yang harus dituju ketika bantuan tambahan diperlukan. Seorang sekretaris yang baik juga tahu bagaimana memanfaatkan pengetahuan ini dan jaringan internalnya untuk mempertahankan hubungan diplomatik di seluruh perusahaan.

3. Independen
Atasan seringkali bepergian dan meninggalkan sekretaris untuk bekerja sendiri. Oleh karena itu, sekretaris yang hebat adalah seseorang yang dapat bekerja secara mandiri dan memiliki kepercayaan diri untuk mengambil keputusan tanpa harus terus menerus meminta persetujuan dari bosnya.

4. Terampil dalam perencanaan
Pertemuan penting, penerbangan menit terakhir, kegiatan team building di luar kota hanyalah beberapa tugas menantang yang perlu diatur oleh sekretaris secara teratur. Bos sering tidak akan punya waktu untuk merencanakan acara ini sehingga sekretaris dengan keterampilan perencanaan yang baik sangat dicari demi kelancaran kegiatan itu.

Baca juga: Saran Kerja yang Tak Berlaku Lagi di 2020

5. Berorientasi pada detail
Kadang kesalahan kecil yang dilakukan sekretaris dapat berdampak parah pada bos atau bahkan pada perusahaan. Detail dan teliti dengan perhatian yang konsisten terhadap perincian dinilai sangat penting oleh banyak pengusaha dan eksekutif senior sebagai syarat utama untuk menjadi seorang sekretaris top.

6. Komitmen
Sekretaris terbaik biasanya tetap setia kepada bos mereka, beberapa bahkan sampai mengikuti bos mereka ketika mereka telah ditempatkan di luar negeri atau pindah kantor. Atasan sangat menghargai sekretaris yang berkomitmen, berdedikasi dan memiliki rasa kesetiaan yang kuat. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply