Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

6 Persiapan Hadapi Review Kerja Tahunan

Ilustrasi skill nomor 1 yang dibutuhkan di berbagai industri, yakni keterampilan komunikasi.Ilustrasi skill nomor 1 yang dibutuhkan di berbagai industri, yakni keterampilan komunikasi. (Sumber foto: Udemy.com)

Topcareer.id – Ketika tiba saatnya untuk review tahunan, dan kamu berencana meminta kenaikan gaji, kamu mungkin tahu bahwa kamu perlu menunjukkan pada atasan mengenai apa saja pencapaian yang sudah kamu raih selama ini.

Dikutip dari twocents.lifehacker.com, Selasa (07/01/2020), begini cara agar kamu bisa terus memantau dengan mudah pencapaianmu sepanjang tahun.

Buat catatan
Buat catatan di Google doc, aplikasi Notes atau jurnal tanggal ketika kamu memiliki kemenangan atau prestasi besar di tempat kerja, rutinitas lembur yang tidak dibayar juga bisa kamu catat.

Screenshot semuanya
Jika bos memuji dalam email atau percakapan WhatsApp, screenshot dan sertakan di catatan kamu.

Baca juga: Ingin Karier Sukses? Buang Kebiasaan Ini sebelum Umur 35

Simpanlah dalam kotak prestasi
Buatlah kotak pencapaian. Kamu bisa menuliskan prestasimu dan menempatkan semuanya dalam wadah ini. Kemudian kamu bisa kembali dan memeriksanya kapan pun kamu mau.

Buat spreadsheet
Jika aplikasi jurnal atau kotak prestasi tidak cocok denganmu, coba masukkan semuanya ke dalam spreadsheet, yang mudah disortir dan dapat dikustomisasi sesuka kamu.

Anggaplah kamu dirimu pelamar kerja
Jika kamu menginginkan promosi, anggap itu sebagai pekerjaan baru. Bagaimana kamu bisa mengesankan manajer perekrutan? Apa yang akan kamu bawa dalam rangka meyakinkan mereka.

Dengan begini kamu akan lebih siap dalam mengajukan diri sembari menyodorkan semua track record terbaikmu.

Baca juga: Lima Kesalahan yang Tidak Disadari dalam Berkarier

Buat ulasan dari tiap pencapaianmu
Kamu tidak harus melakukan ini setiap hari, tetapi jika melakukannya lebih sering, kamu akan menjadi lebih nyaman.

Ketika tiba saatnya untuk review tahunan, kamu sudah siap menjual dirimu dengan pencapaian yang sudah kamu capai selama ini.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply