Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, November 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kecanduan Internet? Begini Cara Mengatasinya

Topcareer.id – Kecanduan internet masih menjadi masalah serius bagi banyak orang. Salah satu dampaknya adalah penurunan produktivitas kerja.

Dilansir dari lifehack.com, Selasa (07/01/2020), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kecanduan internet.

Para pekerja web bisa memakai asisten virtual
Karena menyangkut pekerjaannya, pekerja web akan lebih sulit mengalahkan kecanduan internet. Mereka perlu menghabiskan sesedikit mungkin waktu online ketika tidak menyelesaikan pekerjaan penting, setidaknya sampai kecanduan ditangani.

Asisten virtual bisa membantu agar pekerja web bisa mengurangi intensitasnya dengan internet.

Tetapkan batas penggunaan komputer
Tidak ada gunanya mencoba mengubah kebiasaan jika belum memutuskan batas-batas baru. Berapa lama kamu akan menggunakan komputer mulai sekarang? Untuk tujuan apa? Putuskan ini dulu, baru ambil tindakan selanjutnya.

Baca juga: Jumlah Pengguna Internet Terbesar Dunia di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia?

Dekatkan diri dengan keluarga dan teman-teman
Pastikan keluarga dan teman-teman dekatmu membuatmu bertanggung jawab dan membantu membatasi jumlah waktu yang biasa kamu habiskan untuk online.

Beri password
Setelah kamu mendapat dukungan keluarga atau teman untuk membantu, biarkan mereka mengubah password komputer, modem dan akun email kamu.

Ubah rutinitas
Ubah sedikit rutinitasmu yang terkait dengan internet. Tinggalkan dulu semuanya, beri waktu untuk mengerjakan tugas lain di luar internet.

Setelah selesai, kamu bisa beri hadiah diri dengan mengecek internet. Tapi ingat, tetap beri batas waktu untuk online.

Jangan gunakan internet untuk hiburan
Gunakan internet lebih pada urusan bisnis dan pekerjaan. Uninstall game online, dan bersumpahlah untuk menjauh dari jejaring sosial dan beberapa tujuan web lainnya selama setidaknya satu atau dua bulan. Temukan kegiatan seru dalam kehidupan nyata sebagai gantinya.

Baca juga: Tips Internet Sehat dan Aman dari Google Buat Kamu

Perhatikan kemajuannya
Terakhir, ingatkan dirimu sudah seberapa jauh kemajuan yang dicapai dengan melacak jumlah waktu yang kamu habiskan untuk online, dibandingkan dengan batas yang kamu tetapkan di langkah pertama. Pertahankanlah sebaik mungkin.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply