Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Yang Diperhatikan Pilot Ketika Jadi Penumpang Pesawat

M38, F39, F20, flight personnel, business class, airplane cabin, Bavaria Studios, Munich, Germany

Topcareer.id – Bagi kamu sbnagai penumpang biasa dalam perjalanan udara, mungkin nggak akan memperhatikan detail kecil di pesawat yang berpengaruh dengan keselamatan terbang. Tapi, pilot yang duduk di kursi penumpang akan memperhatikan hal-hal seperti itu.

Business Insider mewawancarai dua pilot maskapai dan mengumpulkan tanggapan dari Quora untuk mengetahui apa yang diperhatikan pilot ketika mereka terbang di kabin utama.

1. Es

Menurut Tanya Gatlin, seorang pilot dan associate professor di Metropolitan State University of Denver, turbulensi bukan sesuatu yang akan menyebabkan kecelakaan atau bahkan merupakan faktor keselamatan. Sebaliknya, Gatlin mengatakan dia khawatir tentang es.

Jika perlu, es dan salju dikeluarkan dari pesawat sebelum lepas landas, dan pesawat dilapisi bahan yang akan mencegah es menumpuk saat berada di udara untuk waktu yang terbatas. “Kami turun dalam jarak yang sangat singkat dan tidak mungkin kami bisa turun secepat itu tanpa tenaga dalam keadaan diam,” kata Gatlin.

Ini berarti mesin tidak menghasilkan panas sebanyak ketika mereka lepas landas, yang meningkatkan kemungkinan es akan menumpuk di pesawat dan membuat pendaratan yang mulus menjadi sulit.

Baca juga: VIDEO : Seluk Beluk tentang Pilot yang Perlu Kamu Tahu

2. Aroma yang mencurigakan

Aroma dapat menjadi salah satu indikator terkuat bahwa ada sesuatu yang salah pada pesawat, karena mereka dapat dengan cepat mengisyaratkan masalah dengan mesin atau sistem penyimpanan bahan bakar.

“Suara selalu bermanfaat, tetapi kabin penumpang seringkali cukup terisolasi dari suara apa pun yang mungkin mengindikasikan masalah. Di sisi lain, bau bepergian dengan bebas, dan beberapa (misal, bahan bakar, cairan hidrolik, udara panas berlebih) cukup berbeda,” Tom Farrier, mantan direktur keselamatan untuk Asosiasi Transportasi Udara, menulis di Quora.

Baca juga: Bukan Petir, Ini yang Diwaspadai Pilot Saat Terbangkan Pesawat di Tengah Cuaca Buruk

3. Sudut cahaya yang masuk melalui jendela

Pilot berpengalaman akan mengetahui bahwa perubahan tiba-tiba pada sudut cahaya yang datang melalui jendela kabin bisa menjadi tanda pertama bahwa pilot berubah arah.

“Pergeseran tak terduga dan signifikan dalam sudut matahari bisa menjadi tanda pertama bahwa perubahan arah sedang dilakukan,” tulis Farrier.

Baca juga: Gaji Tak Jauh Beda dengan Pilot Jet Komersil, Mengapa Pilot Muda Enggan Masuk ke Penerbangan Perintis

4. Rutinitas pendaratan pesawat

Pilot dan pramugari memiliki rutinitas tepat waktu yang mereka gunakan untuk bersiap-siap sebelum mendarat. Pengumuman untuk menempatkan kursi dan meja baki dalam posisi tegak lurus sudah biasa bagi sebagian besar penumpang udara, tetapi beberapa pilot dapat memperkirakan waktu rutin ini dalam beberapa detik.

“Sebagian besar penumpang tidak memperhatikan level-off yang sering terjadi ketika pesawat akan memasuki lingkungan pendekatan atau turun di bawah 10.000 kaki,” tulis Hachi Ko di Quora.

Baca juga: Sering Keliru, Ini Perbedaan Pilot dan Co-Pilot

5. Keberadaan pintu darurat

Banyak penumpang mengabaikan selama briefing keselamatan, tetapi pilot mengerti betapa pentingnya mereka. Dalam hal pendaratan darurat, kamu mungkin tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk mencari tahu di mana pintu keluar berada.

“Untuk satu hal, aku selalu melihat sekeliling untuk menemukan pintu darurat terdekat. Lalu saya menghitung jumlah kursi antara saya dan pintu keluar itu,”tulis John Chesire di Quora.

“Saya melakukan ini sehingga jika perlu, saya bisa dalam kegelapan, atau di bawah air, atau jika ada asap, atau jika terbalik, saya tahu sebelumnya di mana pintu keluar berada, dan saya bisa menghitung jumlah kursi dengan menyentuh, sampai pintu keluar darurat, karena saya telah menghitungnya.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply