Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Jawab “Mengapa Kamu Tertarik dengan Posisi Ini?”

Ilustrasi.

Topcareer.id – Mengapa kamu tertarik dan menginginkan posisi ini? Pertanyaan tricky semacam ini pasti diajukan oleh pewawancara kerja. Mereka menanyakan hal ini untuk menentukan apakah keterampilan dan kualifikasi kamu bisa diterjemahkan dengan baik ke dalam peran baru ini dan apakah kamu bisa menambah nilai bagi tim.

Pertanyaan ini secara khusus digunakan untuk menentukan seberapa banyak kamu benar-benar tahu tentang posisi dan perusahaan, seberapa besar ketertarikan kamu dalam mengembangkan uraian pekerjaan agar lebih sesuai dengan perusahaan dan dunia yang terus berubah.

Dikutip dari Fairygoodboss.com, jadi pastikan kamu memiliki jawaban yang tepat untuk menjawab ketiga hal tersebut.

Baca juga: Interview Kerja? Ini 8 Tipe Pewawancara yang Bakal Kamu Hadapi

Mulailah dengan diri sendiri
Persiapkan jawaban yang jelas dan to the point. Cara yang baik untuk menjawab ini adalah fokus pada satu atau dua kualifikasi atau tujuan karier kamu. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan bagaimana jalur kariermu secara logis mengarah pada dirimu dan membantumu untuk memberikan jawaban pada sesuatu yang bersifat individual bagi kamu dan relevan dengan pekerjaan atau perusahaan.

Fokus pada deskripsi pekerjaan
Jangan lupa bahwa sebagian besar jawaban atas pertanyaan ini harus fokus pada deskripsi pekerjaan untuk menunjukkan bahwa kamu tahu apa yang akan kamu hadapi dan kamu ingin melakukannya.

Baca deskripsi pekerjaan dengan cermat sebelumnya, pilih satu atau dua kualifikasi utama kamu yang relevan dan jelaskan bagaimana kamu menjalankan peran spesifik dalam deskripsi pekerjaan akan menguntungkan perusahaan dan membantumu mencapai tujuan.

Baca juga: Interview Kerja? Ini Cara Cerdas Jawab “Di mana Kamu Melihat Dirimu dalam 5 Tahun?”

Katakan hal baik tentang perusahaan
Perusahaan suka mendengar hal-hal baik tentang diri mereka sendiri. Ini adalah kesempatanmu untuk membuat komentar positif spesifik yang membuat pewawancara merasa senang dan menunjukkan bahwa kamu sudah berdedikasi untuk mengeluarkan yang terbaik dalam organisasi.

Kaitkan pujian kamu dengan satu atau dua poin utama tentang bagaimana tujuan dan pengalaman kamu adalah pasangan yang sempurna untuk posisi ini.

Akhiri dengan pasti
Akhiri tanggapan terhadap pertanyaan ini dengan nada tinggi yang cukup, tidak melampaui batas, namun pasti. Isyaratkan bahwa kamu sangat bersemangat tentang kesempatan untuk berada pada posisi yang ditawarkan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply