- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kebosanan Ada 5 Jenis, Apa Saja?

Ilustrasi. (dok. Killer Innovation podcast)

Topcareer.id – Apa kamu sering menghadapi situasi yang sangat membosankan? Ketahuilah, setiap orang ternyata tidak menghadapi jenis kebosanan yang sama.

Kebosanan bahkan memiliki tipe berbeda-beda, tergantung dengan latar belakang situasi yang dihadapi.

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Kanada, Amerika Serikat dan Eropa, berhasil menemukan bahwa terdapat lima tipe kebosanan.

Jika sebelumnya empat jenis telah terlebih dahulu ditemukan, kini para peneliti menemukan jenis kelima, yakni apathetic boredom.

Baca juga: Wah! Begini Ternyata Ujian Sertifikasi Drone

Jenis-jenis ini dibedakan berdasarkan tingkat mental seseorang, mulai dari pembawaan diri serta kondisi positif dan negatif yang sedang dialami, demikian dilaporkan Huffington Post.

Penemuan tipe kebosanan ini didasari oleh data yang diambil dari 63 mahasiswa dan 80 siswa sekolah menengah atas. Studi ini dijalankan oleh peneliti dari Universitas Konstanz dan Thurgau University of Teacher Education. Hasil penelitian kemudian dipublikasikan dalam jurnal Motivation dan Emotion.

Untuk mengetahui lebih banyak, inilah lima jenis kebosanan yang dapat dihadapi seseorang:

Baca juga: 5 Teknologi yang Diramal Jadi Tren 2020

Indifferent boredom
Orang yang menghadapi kebosanan tipe ini cenderung berujung menjadi pendiam, merasa tidak tertarik terhadap apapun namun merasa jauh lebih rileks.

Calibrating boredom
Jika mengalami kebosanan jenis ini, seseorang akan merasa ketidakpastian serta lebih mudah menerima distraksi yang terjadi di sekitarnya.

Searching boredom
Jenis kebosanan ini lebih sering membuat seseorang merasa gelisah dan terus mencari distraksi atau perubahan.

Reactant boredom
Ketika mengalami kebosanan lalu termotivasi mencari alternatif lain untuk mengatasi kebosanan, maka sesorang mengalami kebosanan tipe reactant.

Apathetic boredom
Untuk kebosanan tipe ini, seseorang cenderung mengalami semacam depresi atau kepasrahan.

Kebosanan sendiri diketahui dapat dipicu oleh tiga hal, yaitu ketidakmampuan berfokus atau memperhatikan sesuatu, kesadaran bahwa diri memang tidak mampu memperhatikan, serta penyalahan atas diri sendiri yang tak mampu memperhatikan.

Nah, ketika menghadapi situasi dan kondisi memobasankan, tipe kebosanan seperti apa yang kamu lalui? *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply