Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, March 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Mau Ambil Jurusan Psikologi? Coba Tanya Ini Dulu ke Diri Sendiri

Ilustrasi Mahasiswa (dok. blog.cengage.com)

Topcareer.id – Memilih jurusan kuliah sepertinya memang tak pernah mudah. Ketika kamu ingin ambil jurusan psikologi, bagaimana kamu bisa mengetahui apakah jurusan itu tepat untuk dirimu atau tidak. Apalagi, mengingat psikologi salah satu jurusan populer saat ini.

Jika kamu mempertimbangkan untuk mengejar gelar sarjana psikologi, ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan.

Bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantumu menentukan apakah karier di bidang psikologi cocok denganmu seperti dilansir dari laman Verywell Mind.

Apakah kamu menikmati bekerja dengan orang lain?

Meskipun ada banyak pilihan karier yang tersedia bagi mereka yang memiliki gelar psikologi, mayoritas lulusan akan bekerja di bidang pelayanan manusia. Jika kamu bekerja di bidang ini, sebagian besar waktu akan dihabiskan bekerja secara pribadi dengan individu untuk mengubah perilaku maladaptif atau untuk mengajarkan keterampilan hidup.

Baca juga: Mau Konsultasi dan Terapi Psikologi? Siapkan Uang Segini

Jika kamu suka bekerja dengan orang lain dan senang membantu orang lain, mata kuliah psikologi mungkin menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Bisakah kamu mengatasi stres?

Karier dalam pelayanan manusia bisa bermanfaat dan menantang, tetapi frustrasi dan kelelahan adalah hal lumrah yang menerpa. Namun, kursus konseling dan manajemen stres dapat membantu para profesional menangani ketegangan terkait pekerjaan.

Selain menyelesaikan kursus dasar yang dibutuhkan oleh program, kamu juga harus mempertimbangkan untuk mengambil keuntungan dari penelitian dan peluang volunteer yang ditawarkan sekolah.

Apakah kamu berencana untuk sekolah pascasarjana?

Pertanyaan ini mungkin hanya salah satu pertimbangan terpenting dari semuanya. Lulusan dengan gelar sarjana akan berpikir bahwa peluang kerja dan gaji  yang terbatas. Individu dengan gelar sarjana sering bekerja di posisi penelitian atau dalam pengaturan klinis.

Pun kalau kamu ingin bekerja dengan klien sebagai terapis klinis, kamu memang memerlukan gelar Ph.D. atau Psy.D. dalam psikologi klinis dari universitas terakreditasi. Sementara sekolah pascasarjana adalah peluang profesional yang dapat membuat upaya ini bermanfaat.

Baca juga: Trik Psikologi yang Bikin Orang Mau Beli Apa Saja Darimu

Apa saja minat kamu?

Apakah kamu menyukai penyelesaian masalah praktis, atau lebih suka bereksperimen dengan ide-ide teoretis yang berbeda? Sebelum kamu memutuskan untuk ambil jurusan psikologi, kamu perlu mempertimbangkan preferensi dan minat pribadi.

Ada sejumlah sub-disiplin dalam bidang psikologi, masing-masing dengan persyaratan pendidikan yang berbeda. Jika kamu lebih suka pemecahan masalah praktis, kamu akan cocok untuk berkarier di bidang pelayanan manusia atau psikologi industri/organisasi.

Apakah kamu mengikuti kursus di bidang yang kamu minati?

Jika kamu mengambil jurusan psikologi, penting untuk memilih jadwal kursus yang akan memajukan tujuan pendidikan dan profesionalmu. Misalnya, jika tujuanmu adalah bekerja dengan anak-anak, penasihat akan merekomendasikan kursus dalam pengembangan anak, psikologi pendidikan, dan manajemen motivasi. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply