Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Kelakuan Tanpa Sadar yang Merusak Kesehatan Rambut

Ilustrasi. (dok. Quora)

Topcareer.id – Mendapati rambut tidak indah dan tidak sehat, bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan buruk Anda sendiri.

Refinery 29 mengungkap 7 jenis kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar. Apakah kamu termasuk sering melakukan hal-hal berikut ini pada rambut kamu?

1.Tidak merawat diri sendiri
Banyak orang mengira, kesehatan tubuh dan kesehatan rambut tidak berkaitan. Padahal sangat jelas bahwa seseorang dengan tubuh yang sehat, hampir pasti rambutnya pun sehat, bahkan indah. Rambut yang sehat sudah tentu lebih kuat atau tahan banting menghadapi segala terpaan, seperti cuaca dan obat-obatan atau kosmetik.
Solusi: Jangan tergesa-gesa melakukan perawatan rambut, tapi mulailah dengan memperbaiki pola makan dan asupan gizi.

Baca juga: 5 Trik Mengatasi Rambut Tipis yang Bisa Kamu Coba

2. Mengeringkan paksa rambut
Dengan maksud ingin mengeringkan rambut secara cepat usai keramas, sering kali kita menggosok-gosokkan handuk ke kepala dengan cepat dan keras. Ini akan membuat kelembapan alami rambut hilang, rambut pun berisiko kering dan pecah-pecah.
Solusi: Kalau benar-benar ingin mengurangi air di rambut dengan cepat, pilihan paling baik dari yang terburuk adalah menjepit rambut dengan dua helai handuk, lalu ditekan atau ditepuk-tepuk.

3. Menyisir terburu-buru
Sering kali ketika tergesa-gesa, kita menyisir rambut langsung dari atas ke bawah, bahkan dengan cara menariknya paksa. Alhasil, helai-helai rambut pun berjatuhan karena tercabut dari akarnya atau patah.
Solusi: Gunakan moisturizer yang sesuai dengan jenis rambut kamu agar proses menyisir lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Mewarnai dan Meluruskan Rambut Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

4. Terlalu sering menggunakan pengering rambut dan dengan cara yang berlebihan
Karena menginginkan penampilan rambut yang sempurna, pengering rambut jadi sering digunakan. Pengering untuk rambut basah tidak masalah. Tapi, kalau pengering rambut terus digunakan pada rambut yang sudah kering, ini bisa berakibat fatal.
Solusi: Segera turunkan temperatur pengering ketika rambut mulai sedikit kering.

5.Pergi keluar berhari-hari tanpa mencuci rambut
Karena terlalu sibuk atau dengan alasan tidak sempat, kamu melewatkan keramas selama beberapa hari. Padahal kamu selalu beraktivitas di luar rumah dan dalam waktu yang lama.
Solusi: Pastikan saat (akhirnya) keramas untuk menggunakan sampo berkondisioner yang seketika dapat mengembalikan kelembapan rambut.

6.Menggunakan aksesori pada rambut yang basah
Lagi-lagi masalah waktu yang mendesak, banyak wanita yang menggunakan aksesori di kepala, seperti kuncir rambut atau jilbab, padahal rambut masih dalam kondisi basah. Rambut bisa rusak dan patah-patah.
Solusi: Jangan pernah melakukannya. Tidak ada pilihan yang lebih baik.

7.Tidak memberi rambut waktu istirahat
Seperti halnya kamu yang sesekali membutuhkan waktu untuk istirahat dari segala rutinitas, maka begitu pula rambut!
Solusi: Luangkan waktu satu hari dalam seminggu atau setiap malam saat tidur, agar rambut terbebas dari apa pun — benda dan zat apa pun. Melakukan spa rambut sangat cocok untuk akhir pekan tenang kamu. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply