- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

9 Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah

Ilustrasi (Dok. LinkedIn)

Topcareer.id – Kuliah sambil kerja sedang tren sekarang. Banyak motivasi yang mendasari mereka melakukan ini. Beberapa di antaranya lantaran ingin mencari pengalaman kerja lebih dini, atau demi tak merepotkan orang tua.

Apapun motivasinya, kuliah sambil bekerja harus dijalani dengan serius dan fokus. Karena bagaimana pun juga, kedua kegiatan ini sama-sama menyita waktu dan perhatian kamu.

Lalu bagaimana bisa berhasil dalam menjalani kuliah sambil kerja? Mengutip unigo.com, Selasa (07/01/2020), berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

Kuliah selalu menjadi prioritas utama
Kerjakan tugas kuliah terlebih dahulu. Kamu bisa menjadwalkan kerja sambil mengerjakan tugas di kampus, tetapi kamu tidak selalu bisa menjadwalkan belajar di tengah pekerjaan.

Tetap teratur
Gunakan aplikasi kalender untuk mengingatkanmu tentang peristiwa penting seperti jadwal kelas dan perubahan shift kerja. Jangan menyerahkannya pada ingatanmu sendiri karena kehidupan di kampus sudah membuat dirimu terlalu sibuk untuk mengingat semuanya.

Baca juga: 4 Pertimbangan saat Memilih Jurusan Kuliah

Cari peluang untuk bekerja di kampus
Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di manajemen kampus. Dengan begini kamu bisa berbicara dengan departemen bantuan keuangan kampus tentang opsi dan ide yang kamu miliki untuk kepentingan kampus dan dirimu.

Pastikan atasan mengetahui kabarmu
Segera setelah mendapatkan jadwal kuliah, beri tahu atasan. Berikan mereka salinan jadwalmu dan pastikan mereka mengerti bahwa kamu tidak dapat hadir pada saat-saat itu.

Kerjakan pekerjaan rumah di tempat kerja
Pengasuh anak, barista, petugas toko buku, ini contoh pekerjaan yang ideal untuk mahasiswa karena ada banyak waktu ekstra untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah dari kampus.

Minta libur seminggu sebelum ujian
Berikan waktu tambahan untuk diri sendiri, baik untuk belajar atau sedikit waktu luang untuk bersantai dan menjernihkan pikiran sebelum ujian.

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Siap-siap Tulis Esai Tambahan

Jangan membebani diri sendiri
Jika kamu memang membutuhkan uang tunai ekstra, jangan mengambil terlalu banyak pekerjaan sekaligus. Kamu akan burnout dengan cepat. Sekolah itu sudah sulit, dan bekerja menuntut waktu serta perhatian. Jangan tekan diri sendiri atau kamu akan menderita.

Berpakaian baik dan rapi
Untuk berjaga-jaga jika kamu harus dipanggil ke kantor atau sebaliknya, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan pekerjaan. Kuasai tampilan kasual bisnis untuk mendukungmu.

Luangkan waktu
Kuliah adalah pengalaman berkenan dalam hidup. Beri dirimu waktu untuk membuat kenangan dan nikmati waktumu sendiri. Bertemanlah sebanyak-banyaknya dan jalin hubungan baik dengan mereka.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply