Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, March 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Lindungi Diri dari Pencurian Identitas Saat Melamar Kerja Online

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Pencurian identitas secara online marak terjadi, terutama pada situs lowongan kerja online. Di sana, para scammer bisa merajalela menjaring banyak data pribadi para pencari kerja.

Tidak hanya perlu mengetahui jenis atau cara mereka mencuri data untuk bisa lebih waspada, tetapi kamu juga harus bisa melakukan tindakan nyata untuk terhindar dari pencurian data ini.

Mengutip lifelock.com, Rabu (15/01/2020), berikut cara yang bisa kamu coba agar lebih aman dari pencurian data saat kamu sedang mencari lowongan kerja secara online.

Baca juga: Melamar Kerja ada Hari Baiknya, Kapan?

Hindari detail alamat rumah
Pertimbangkan untuk hanya menggunakan alamat email. Jika ingin mencantumkan alamat rumah cukup tampilkan secara singkat, jangan terlalu detail. Pastikan menggunakan alamat email yang hanya khusus digunakan untuk mencari pekerjaan saja. Jangan gunakan email pribadi yang telah banyak informasi secara pribadi untuk keperluan perbankan dan trading. Jangan lupa, buat password yang unik dan kompleks untuk akun email kamu.

Jagalah nomor KTP
Jangan pernah memasukkan nomor KTP (kartu tanda penduduk) di aplikasi. Kamu bisa memberikan nomor KTP-mu jika sudah berhasil membuktikan bahwa perusahaan yang menawarkan kamu pekerjaan adalah nyata dan sah. Pastikan juga orang yang kamu hubungi adalah karyawan di perusahaan sah tersebut.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Resume Super Penting untuk Melamar Kerja

Gunakan pengaturan privasi di situs pekerjaan
Beberapa situs kerja online memiliki pengaturan privasi. Ini memungkinkan kamu membatasi jumlah tampilan yang diterima atau menyembunyikan informasi pengenal tertentu, seperti detail kontak dan perusahaan saat ini. Situs web juga memungkinkan pengusaha untuk menghubungi pelamar pekerjaan melalui alamat email rahasia.

Jangan memberikan link ke akun media sosial pribadi
Ini bisa menjadi cara mudah untuk memberi tahu pencuri identitas ke lokasi dan informasi pribadi kamu. Bersihkan akun media sosial sehingga tidak terlalu banyak menampilkan informasi pribadi.

Baca juga: Melamar Kerja? Cantumkan Skill Ini untuk Bikin Kamu Dilirik Perekrut

Ketahui cara menemukan penipuan
Ketika tawaran pekerjaan tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, sering kali ini merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah. Waspadalah terhadap lowongan pekerjaan yang menjanjikan penghasilan jauh lebih tinggi daripada posisi serupa yang biasanya ditawarkan. Berhati-hatilah dengan tawaran bekerja dari rumah yang terdengar sangat menggiurkan.

Biasakan untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk memastikan perusahaan dan posisi yang kamu lamar berasal dari perusahaan yang benar adanya dan sah. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply